Mobil Baru Suzuki yang Lebih Canggih dari Yaris Siap Hadir di RI

Suzuki Baleno baru di Indonesia
Sumber :
  • Screenshoot Instagram

VIVA Otomotif – Tahun ini sepertinya menjadi momentum PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) merilis produk-produk terbaru di Indonesia. Setelah sukses meluncurkan Suzuki Ertiga Hybrid, dalam waktu dekat akan ada dua mobil baru lagi.

Resmi Debut di Auto China 2024, Begini Spesifikasi Jaecoo J7 PHEV

Produk baru yang dimaksud Suzuki S-Presso sebagai pengganti Karimun Wagon R, dan Suzuki Baleno baru di kelas hatchback. Mengingat mobil pesaing Toyota Yaris itu sudah mendapatkan perubahan di negara asalnya.

Suzuki Baleno Hatchback edisi 2022.

Photo :
  • Gaadiwaadi
Video Pengendara Honda ADV Terjatuh Akibat Potong Jalan Sembarangan

Sebelum resmi diluncurkan, beberapa unit Suzuki Baleno baru terlihat sedang diangkut truk yang diduga berlokasi di Bekasi, Jawa Barat. Video singkat penampakan mobil baru itu diunggah akun Instagram @indra_fathan.

“Suzuki Baleno versi terbaru sudah mendarat di Indonesia nih, dan kabarnya bakal dapat fitur-fitur baru yang melampaui versi sebelumnya,” tulis status postingannya, dikutip, Kamis 21 Juli 2022.

Korban Google Maps, Daihatsu Sigra Terjebak di Gang Kecil hingga Susah Keluar

Dijelaskan mobil tersebut memiliki beberapa fitur baru. Diantaranya spion auto dimming, enam kantung udara, electronic stability program agar tidak tergelincir saat bermanuver di jalan licin. layiknya vehicle stability control.

Selain itu masih ada hild hold control, sehingga mobil tidak akan merosot saat melewati jalan menanjak, tanpa perlu menginjak pedal rem. Yang menarik, sudah dilengkapi head up display layiknya mobil-mobil premium.

Head up display merupakan layar di atas dashboard tepat di depan mata pengemudi. Fungsinya untuk informasi kecepatan, putaran mesin, atau posisi transmisi, dan tidak dimiliki oleh pesaingnya seperti Toyota Yaris. 

Bukan hanya itu, sistem hiburannya juga ditingkatkan, yaitu dapat terhubung dengan smartphone melalui Android Auto, dan Apple CarPlay. Fitur-fitur tersebut memang dimiliki Baleno baru untuk pasar India.

Mengutip situs resmi Suzuki India, Baleno baru memiliki desain yang lebih sporty berkat beberapa ubahan di sektor eksterior. Seperti grill yang lebih besar, lampu depan lebih tajam dengan pencahayaan LED.

Head unit yang menjadi pusat sistem hiburan berukuran 9 inci, kisi-kisi dan tombol pengaturan AC dibuat berbeda dari sebelumnya. Tersedia kamera 360 derajat yang dapat memantau kondisi mobil secara utuh dari dalam.

Di Indonesia, Baleno sempat mendapatkan penyegeran pada Desember 2019. Jantung pacunya masih mengandalkan empat silinder 1.400cc berkode K14B dengan tenaga maksimal 91,1 dk, di 6.000 rpm, dan torsi 130 Nm di 4.200 rpm.

Sedangkan untuk model terbarunya nanti memiliki mesin yang serupa dengan Suzuki Ertiga, atau Jimny, yaitu 1.500cc empat silinder berkode K15B. Artinya secara tenaga akan jauh lebih besar, begitu juga dengan torsinya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya