Toyota Avanza Kembali Bikin Kejutan di Indonesia

Toyota All New Avanza dan All New Veloz di GIIAS 2021.
Sumber :
  • VIVA/Yunisa Herawati

VIVA – Toyota Avanza merupakan salah satu mobil penumpang, yang meramaikan pasar Low Multi Purpose Vehicle di Indonesia. Model ini hadir perdana pada akhir 2003, dan sampai saat ini sudah laku lebih dari satu juta unit.

Kaget Lihat Jumlah Daihatsu Xenia yang sudah 20 Tahun di Indonesia

Tahun lalu PT Toyota-Astra Motor meluncurkan generasi terbarunya, dengan banyak sekali ubahan. Model ini juga hadir dalam tipe Toyota Veloz, yang meski mirip namun diposisikan untuk segmen yang berbeda.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia atau Gaikindo, dikutip Senin 22 Agustus 2022, pada bulan lalu Avanza dikirim dari pabrik ke diler sebanyak lebih dari tujuh ribu unit.

Parah! Ada Oknum yang Meloloskan Uji Tipe Kendaraan Tidak Sesuai Aturan

Angka tersebut lebih tinggi 22 persen, dari pencapaian di bulan sebelumnya. Dengan jumlah sebanyak itu, maka kendaraan yang mampu menampung tujuh orang tersebut kembali menduduki posisi sebagai mobil paling laku di Indonesia.

Urutan kedua ditempati oleh produk TAM lainnya yang berada di kelas Low Cost Green Car, yakni Toyota Calya dengan jumlah distribusi dari pabrik ke diler sebanyak 4,7 ribuan unit.

Daihatsu Xenia Hilang Kendali Diduga Jalan Licin, Berakhir Nyungsep

Peringkat tiga dihuni Daihatsu Sigra, yang juga berada di segmen LCGC tujuh penumpang bersama Calya. Model ini bulan sebelumnya menduduki posisi dua, namun pada Juli kemarin turun dan angka distrbusinya yakni 4,3 ribuan unit.

Sebagai informasi, penjualan mobil pada Juli tahun ini mengalami sedikit penurunan, jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya. Jumlah kendaraan bermotor roda empat atau lebih yang dikirim dari diler ke konsumen pada bulan ke-7 tahun ini yaitu 80.518 unit, turun 3,7 persen dari bulan sebelumnya yang tercatat 83.573 unit.

Berikut daftar mobil terlaris di Indonesia periode Juli 2022, dengan status wholesales alias distribusi dari pabrik ke diler:

1. Toyota Avanza (termasuk Veloz) – 7.542 unit
2. Toyota Calya – 4.757 unit
3. Daihatsu Sigra – 4.315 unit
4. Toyota Rush – 4.279 unit
5. Honda Brio (Satya dan RS) – 4.035 unit
6. Suzuki Carry Pick-Up – 3.902 unit
7. Daihatsu Gran Max Pick-Up – 3.900 unit
8. Honda HR-V – 3.457 unit
9. Mitsubishi Xpander (termasuk Xpander Cross) – 2.826 unit
10. Toyota Kijang Innova – 2.658 unit

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya