Mengendarai Mobil Dalam Keadaan Mabuk Didenda Rp40 Jutaan

Kecelakaan mobil Ferrari 812 Superfast
Kecelakaan mobil Ferrari 812 Superfast
Sumber :
  • Carscoops

VIVA Otomotif – Minuman beralkohol tidak dilarang untuk mereka yang sudah cukup usia. Namun jika dikonsumsi dalam keadaan mengendarai kendaraan, tentu sangat tidak disarankan karena berbahaya.

Minuman yang mengandung alkohol dapat menurunkan keasadaran, sehingga potensi kecelakaan sangat besar. Oleh sebab itu sejumlah negara melarang keras agar tidak mengonsumsi alkohol saat hendak berkendara.

Bukan hanya mencelakai diri sendiri, namun bisaa merugikan orang lain. Selain itu pengemudi dalam keadaan mabuk berpotensi tidak mematuhi rambu lalu lintas, hingga mengabaikan pengguna jalan lain disekitarnya.

Ilustrasi pengendara konsumsi alkohol

Di Indonesia, polisi akan memberikan hukuman sesuai Pasal 311 Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009, tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, dengan denda paling banyak Rp3 juta, atau penjara paling lama satu tahun.

Meski sudah ada larangan tersebut, dan membahayakan orang lain serta diri sendiri ternyata masih ada saja orang-orang yang nekat mengendarai mobil dalam kedaan mabuk.

Mengingat banyak yang mengbaikan aturan dari aparatur setempat, membuat beberapa negara mulai memperketat kebijakan terebut. Seperti aturan baru yang diterapkan oleh pemerintah Thailand.