Trending Menteri Mesum, Jangan Kaget Lihat Isi Garasi Azwar Anas

Kepala LKPP Abdullah Azwar Anas.
Sumber :
  • Aokumentasi LKPP/Antara.

VIVA Otomotif – Presiden Jokowi telah melantik Azwar Anas sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara, dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB). Sejak itulah, dugaan foto dirinya bersama wanita kembali mencuat di media sosial.

Setengah Penjualan Suzuki Berasal dari Mobil Ini

Hingga muncul #menterimesum dan trending di Twitter. Sebelumnya Azwar Anas juga menjadi sorotan saat foto serupa, yang dianggap mirip dengan dirinya itu muncul ketika Pemilihan Gubernur Jawa Timur pada 2018.

Toyota Alphard di IIMS 2013

Photo :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi
Tabrak dan Hendak Rampas Mobil, 6 Debt Collector Sadis Ditangkap Polres Labusel

Karena menjadi perbincangan hangat, dia akhirnya mundur mencalonkan diri. “Saya tidak ingin menjadi beban. Maka saya memilih mundur,” ujar Azwar Anas pada saat itu.

Gagal di Pilkada Jawa Timur, dia ditawarkan menjadi Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) pada 13 Januari 2019. Saat itu tercatat koleksi kendaraan di dalam garasinya berkurang.

Jadwal Mobil SIM Keliling DKI Jakarta, Depok, Bandung, Bekasi Sabtu 27 April 2024

Berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara, atau LHKPN pada Maret 2022, kekayaan Azwar Anas mencapai Rp16,380 miliar ketika masih menjabat Kepala LKPP, meningkat dibandingkan sebelumnya.

Pasalnya saat menjadi Bupati Kabupaten Banyuwangi, kekayaan yang dimilikinya hanya Rp15,734 miliar. Jika melihat isi garasinya memang cukup mengejutkan, meski tergolong tajir namun hanya ada dua unit mobil.

Mobil pertama adalah Nissan X-Trail lansiran 2018 seharga Rp80 juta, dan Toyota Alphard buatan 2010 yang ditaksir Rp200 juta. Namun memasuki tahun ini, X-Trail sudah tidak tercantum sebagai kendaraan miliknya.

Hanya tersisa Alphard dengan tahun produksi yang serupa, namun harganya turun menjadi Rp180 juta, hal yang wajar mengikuti banderol dalam kondisi bekasnya.

Merangkum dari sejumlah sumber, Alphard yang dimiliki Menpan-RB itu adalah generasi kedua yang mendapatkan perubahan pada 2008. Desain eksteriornya dibuat lebih moderen, dan dimensinya menjadi bongsor.

Panjang keseluruhan dari mobil MPV, atau Multi Purpose Vehicle itu menjadi 4.915 mili meter, lebar 1.850 mm, dan tinggi 1.895 mm, dengan jarak sumbu roda lebih panjang 15 mm dari generasi pertama.

Ditawarkan mesin baru berkode 2GR-FE enam silinder, atau V6 untuk tipe tertinggi dengan kapasitas 3.500cc. Tenaga maksimalnya mencapai 280 dk, dan torsi 330 Nm. Untuk mesin 2.500cc tetap tersedia untuk tipe lainnya.

Fitur-fitur di dalam mobil pintu geser tersebut juga meningkat, diantaranya tersedia traksi kontrol untuk mencegah ban selip saat bermanuver, sensor parkir, Adaptive Front Lighting System, serta peningkatan kualitas speaker.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya