Kia Mulai Serius Kembangkan Kendaraan Listrik untuk Pasar Global

Ilustrasi logo mobil KIA
Sumber :
  • Viva.co.id/ Pius Mali

VIVA Otomotif – Baru-baru ini, Kia Corp mengumumkan bahwa akan mengembangkan kendaraan listrik untuk kebutuhan konsumen. Mereka telah menyiapkan rencana dan penelitian terkait program tersebut di pasar otomotif global.

Bikin Istri dan Pacar Senang, Ini Pilihan Mobil Baru Buat Gaji UMR

Perusahaan asal Korea Selatan ini telah menetapkan memproduksi kendaraan ramah lingkungan pada tahun 2024 mendatang. Nantinya, model mobil listrik terbarunya akan diperkenalkan di Amerika Serikat, menurut laporan beberapa media Korea Selatan.

Dikutip VIVA dari Electrek, Rabu 21 September 2022, perusahaan akan memenuhi persyaratan di wilayah tersebut, termasuk kredit pajak EV baru dalam Undang-Undang Pengurangan Inflasi. Maksud dari peraturan tersebut untuk mengambil tindakan terhadap perubahan iklim di AS.

Ini Ukuran Kaca Film Mobil yang Direkomendasikan untuk Cuaca Indonesia

Jadi perubahan juga mencakup beberapa ketentuan baru yang membuat kendaraan listrik buatan asing tidak memenuhi syarat untuk kredit. Ketentuan pembatas utama adalah persyaratan bahwa EV menjalani perakitan akhir di Amerika Utara agar memenuhi syarat untuk kredit.

Kia EV6 di area test drive GIIAS 2022

Photo :
  • Seven Event
Kaget Lihat Jumlah Daihatsu Xenia yang sudah 20 Tahun di Indonesia

Diketahui, Kia telah mengungkapkan strateginya untuk menghadirkan 14 model kendaraan listrik sekaligus untuk tahun 2027. Strategi ini dinilai menjadi bagian dari rencana komprehensif perusahaan untuk meningkatkan volume penjualan global menjadi 4 juta unit per tahun 2030.

Sejak mengungkapkan strategi ini, mereka telah berkembang menjadi merek kendaraan listrik global terkemuka serta mencatat pendapatan kotor dan laba operasi tertinggi pada tahun 2021. Mereka akan memproritaskan pengembangan apa yang disebut model ramah lingkungan.

Adapun prioritas perusahaan seperti, kendaraan listrik baterai murni (BEV), kendaraan listrik hibrida plug-in (PHEV) dan kendaraan listrik hibrida (HEV). Tujuannya, untuk mencapai total penjualan sebanyak 1,2 juta unit varian elektrifikasi dan 14 lini model BEV yang berbeda pada 2030.

Pada tahun lalu, Kia memperkenalkan mobil yang bisa melaju kencang. Bahkan beberapa waktu lalu model tersebut berhasil menaklukkan supercar Lamborghini. Kendaraan anyar tersebut mengarah pada Kia EV6, yang menggunakan energi listrik. 

Mobil tersebut merupakan versi GT yang bermesin listrik dengan kekuatan 576 daya kuda. Bahkan akselerasi sangat mengejutkan dari nol ke kecepatan 100 kilometer per jam, hanya tiga sekian detik. Hal tersebut membuktikan bahwa Kia sangat mahir dalam mengembangkan mobil listrik.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya