Fitur AYC Milik New Xpander Cross, Beri Rasa Nyaman Lebih ke Pengguna

Test drive Mitsubishi New Xpander Cross.
Sumber :
  • VIVA/Yunisa Herawati

VIVA – Pada ajang GIIAS 2022, Mitsubishi memperkenalkan New Xpander Cross. Mobil ini hadir dengan beberapa ubahan, yang bisa membuat perjalanan menjadi lebih aman dan nyaman.

Terpopuler: Semua Orang Bisa Beli Fortuner, Pajero Sport yang Bikin Insinyur Menangis

Mitsubishi New Xpander Cross tampil dengan peningkatan kualitas di berbagai fitur, keamanan dan kenyamanan, menghadirkan kombinasi sempurna antara keagresifan sebuah SUV dan pengalaman berkendara yang berkelas.

Tak hanya itu, model baru ini juga diimbangi dengan kemampuan berkendara yang sangat baik dan peningkatan yang sempurna pada fitur keamanan dan kontrol kendaraan.

Xpander Cross dan Pajero Sport Edisi Terbatas Hadir di Indonesia Cuma 800 Unit, Apa Istimewanya?

PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia mengatakan bahwa New Xpander Cross bahkan memberikan pengalaman berkendara yang lebih aman yang belum ada di kompetitor, yakni dengan adanya pemasangan teknologi Active Yaw Control (AYC).

Fitur ini oleh MMKSI disebut berasal dari pengembangan, yang dilakukan Mitsubishi pada sedan Lancer Evolution. Mobil legendaris itu dikenal, sebagai kendaraan yang lincah dikemudikan di berbagai lintasan.

Pajero Sport dan Xpander Cross Edisi Terbatas Meluncur Besok, Segini Harganya

Lantas, apakah penambahan fitur AYC berdampak besar pada pengendalian Xpander Cross? VIVA sempat mencobanya langsung pada hari, Rabu 24 Agustus 2022 di area Indonesia Safety Driving Center, yang berlokasi di Tangerang Selatan. 

MMKSI menyebutkan, bahwa AYC dihadirkan untuk membantu mobil supaya tetap stabil ketika  tikungan dengan kondisi jalan licin. Saat dipraktikkan pada sesi test drive, arah belok mobil tetap sesuai dengan putaran kemudi.

Dampak positif lain dari adanya AYC yakni pengemudi tidak membutuhkan banyak koreksi arah, sehingga bodi tetap stabil dan tidak menimbulkan rasa kurang nyaman bagi penumpang.

Setiap belokan bisa dilewati sesuai seberapa besar setir diputar, seolah ada yang menjaga mobil supaya tetap di lintasannya. Hal itu bisa diwujudkan, berkat empat sensor yang dipasang di beberapa bagian.

“Ada empat wheel speed sensor, steering angle, putaran mesin, dan rem. Empat-empatnya kerja bareng, mobil ini akan menjaga momentum, kecepatan dalam setiap kondisi,” jelas brand ambassador Mitsubishi Indonesia yang juga seorang pembalap reli senior, Rifat Sungkar di GIIAS 2022. Pindah ke bagian suspensi, pada bagian belakang MMKSI menggantinya dengan yang lebih besar supaya bisa meredam guncangan lebih baik.

Terbukti, saat melewati polisi tidur terasa empuk tapi tidak banyak gerakan mengayun. Posisi mengemudinya juga ergonomis, di mana pandangan ke depan bisa luas dan jarak dengan jok penumpang depan cukup lega.

Adanya fitur auto hold juga membuat pengemudi pemula tidak khawatir mobil akan mundur, saat berhenti di persimpangan lampu lalu lintas yang konturnya menanjak.

Dalam suatu kesempatan, pihak MItsubishi menjelaskan cara kerja AYC kepada kalangan media. Fitur ini bekerja memanfaatkan sistem pengereman pada roda depan. Disebutkan adanya kerjasama antara AYC dengan fitur keselamatan aktif lainnya, yaitu Anti-lock Braking System (ABS) dan Active Stability Control (ASC).

Terkait impresi berkendara secara umum, Xpander Cross tetap menjadi Low SUV yang nyaman dikendarai. Sangat mudah mendapatkan posisi berkendara ideal dengan adanya pengaturan setir tilt dan telescopic.

Selain itu, untuk menambah kenyamanan pada saat berkendara, PT MMKSI juga sudah menghadirkan berbagai perangkat yang bisa dijadikan teman dalam berkendara seperti wireless charger, 8 inch LCD Meter Cluster, dan New Steering Wheel Design.

New Mitsubishi Xpander Cross tipe CVT Premium Package dibanderol dengan harga Rp335.750.000 sedangkan varian MT dibanderol dengan harga Rp 309.950.000.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya