Kaget Lihat Jumlah Mobil Listrik Buatan Indonesia

DPR RI siapkan 55 unit Hyundai Ioniq 5 untuk penyelenggaraan kegiatan P20.
Sumber :
  • DPR.go.id

VIVA Otomotif – Mobil listrik yang dipasarkan di Indonesia saat ini tidak hanya didatangkan dari luar negeri saja, sejak awal tahun ini ada model yang telah diproduksi secara lokal di Cikarang, Jawa Barat.

SPKLU Sudah Banyak, Naik Wuling BinguoEV Bisa dari Jakarta ke Mandalika

Kendaraan yang dimaksud adalah Hyundai Ioniq 5, yang menjadi mobil listrik pertama buatan Indonesia. Model ini hadir dalam empat tipe, dengan harga mulai dari Rp748 juta on the road DKI Jakarta.

Selang beberapa bulan kemudian, ada satu lagi mobil bebas emisi yang juga diproduksi di dalam negeri yaitu Wuling Air ev. Model ini memiliki dimensi yang mungil, dan dibanderol cukup terjangkau yakni mulai dari Rp238 juta OTR DKI Jakarta.

Neta Mulai Rakit Mobil Listrik di Indonesia

Berdasarkan data dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia atau Gaikindo, dikutip Selasa 18 Oktober 2022, Hyundai mulai memproduksi model Ioniq 5 secara lokal pada Maret tahun ini.

Test drive Wuling Air ev di GIIAS 2022

Photo :
  • Dok: Wuling Motors
GAC Aion Jual 1 Juta Mobil Listrik dalam Waktu Relatif Singkat

Sampai dengan September lalu, mereka sudah membuat sebanyak 1.284 unit. Sedangkan jumlah yang dikirim ke diler-diler, tercatat sebanyak 947 unit.

Jumlah itu jauh lebih sedikit, dibandingkan dengan banyaknya konsumen yang melakukan pemesanan. Alhasil, mereka harus rela menunggu hingga satu tahun lamanya.

Hal itu kemudian membuat harga jual kembali Ioniq 5 di bursa mobil bekas meroket, bahkan saat ini ada pemilik yang menawarkan dengan banderol lebih dari Rp1 miliar.

Sementara itu, Wuling Air ev mulai diproduksi di pabrik Cikarang pada Agustus tahun ini. Meski baru dirakit selama dua bulan, namun angkanya sudah lebih banyak dari Ioniq 5.

Sepanjang Agustus sampai September 2022, ada 2.882 unit Air ev yang diproduksi secara lokal. Dari jumlah tersebut, sebanyak 2.708 sudah didistribusikan ke diler-diler.

Data Gaikindo juga menunjukkan, ada tiga unit Wuling Air ev yang dikirim ke luar negeri dalam wujud terurai atau Completely Knock Down (CKD).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya