Mobil Listrik Sedan Ini Telah Diuji Coba oleh Menteri hingga Presiden

Mobil Listrik Genesis G80 untuk Acara KTT G20 Bali
Sumber :
  • VIVA Otomotif/Muhammad Thoifur

VIVA Otomotif – Kegiatan Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT G20 akan diselenggarkan di Pulau Bali pada 15-16 November mendatang. Salah satu faktor pendukung dari acara tersebut adalah mobilitas kendaraan yang akan digunakan oleh beberapa Kepala Negara.

Gasak Harta Majikan Saat Mudik Lebaran, Pria di Tangerang Ditangkap Polisi

Diketahui, PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) telah menyerahkan ratusan unit mobil listrik untuk mendukung kegiatan tersebut. Perusahaan asal Korea Selatan ini memberikan model unggulannya yakni Genesis Electrified G80 baik model standar maupun special edition.

Dalam kesempatan penyerahan, Menteri Sekretaris Negara Republik Indonesia, Praktino ikut merasakan kendaraan ramah lingkungan ini sebelum dikirimkan ke Bali. Dia mengatakan model ini memiliki rasa kenyamanan dan aman ketika digunakan.

Apes, Karyawan Diler Bikin Ferrari F40 Seharga Rp51 Miliar Ringsek Parah

Mobil Listrik Genesis G80 sedang dicoba oleh Menteri Sekretaris Negara RI

Photo :
  • PT Hyundai Motors Indonesia

"Rasanya enak sekali karena ini memang mobil yang dipersiapkan untuk Kepala Negara yang hadir di G20 Bali. Mobil listrik ini bagus sekali yang menunjukkan bahwa negara Indonesia tengah memperkuat industri otomotif ekosistem manufaktur kendaraan listrik," ujar Praktino di Senayan, dikutip VIVA Rabu 26 Oktober 2022.

C3 Aircross Dijual Murah, Citroen Tak Berminat Pasang Target Penjualan

Perlu diketahui, sebelumnya sedan listrik ini telah digunakan oleh Presiden Jokowi di Kawasan Industri Terpadu Batang pada bulan Juni lalu. Maka tak heran, model ini menjadi salah satu pilihan untuk mobilitas kendaraan KTT G20 Bali.

Secara spesifikasi, Mobil Genesis G80 ini memiliki dimensi layaknya limusin. Secara keseluruhan panjangnya 5 meter, lebar 1,9 meter, dan jarak roda depan ke belakang 3 meter. Bahkan model ini mengusung desain modern yang mengandalkan penerang utama lampu LED.

Kendaraan roda empat ini dibuat dengan standar tertinggi dalam hal performa, desain, keamanan, dan inovasi. Untuk performanya, model ini dipersenjatai baterai Lithium-ion polymer 87,2 kilo watt per hour, dengan dua motor listrik pada bagian roda depan, dan belakang yang masing-masing dapat menghasilkan tenaga 136 kW. 

Secara keseluruhan, Gensis G80 Electric ini dapat memuntahkan tenaga hingga 364,7 dk, dan torsi puncak 700 Newton meter. Tenaga buasnya itu disalurkan melalui transmisi matik ke semua roda. Mengingat kapasitas baterainya cukup besar, tidak heran jika sedan mewah tersebut dapat berjalan hingga 427 kilometer.

Sebagai tambahan informasi, Hyundai memberikan model ini untuk KTT G20 Bali di antaranya 44 unit Genesis Electrified G80 Special Edition Long-Wheelbase, 87 unit Genesis Electrified G80 Regular Model Standard-Wheelbase, dan 262 unit Hyundai Ioniq 5.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya