Mesin Toyota Innova Zenix Masih Impor dari Luar Negeri

Pabrik Toyota Astra Motor di Kawasan Industri Karawang
Sumber :
  • Toyota Astra Motor

VIVA Otomotif – Baru-baru, Indonesia kedatangan mobil baru varian hybrid di pasar otomotif. Kendaraan roda empat itu dari merek Toyota, dengan nama Kijang Innova Zenix yang mengalami pembaruan.

Setengah Penjualan Suzuki Berasal dari Mobil Ini

Mobil berjenis MPV atau Multi Purpose Vehicle ini menghadirkan teknologi baru dan fitur untuk meningkatkan aktivitas pengemudi. Model ini pun memiliki desain yang lebih segar dan lebih besar dari generasi sebelumnya.

Diketahui, kendaraan yang terkenal sejuta umat ini dibuat secara lokal di pabrik perusahaan, tepatnya di Kawasan Industri Karawang, Jawa Barat. Bahkan komponen-komponennya sebagian besar dibuat langsung di Indonesia.

Tabrak dan Hendak Rampas Mobil, 6 Debt Collector Sadis Ditangkap Polres Labusel

Tampilan mobil Kijang Innova Zenix Hybrid terbaru

Photo :
  • VIVA Otomotif/Muhammad Thoifur

Hal itu diungkap langsung oleh Direktur Administrasi, Korporasi dan Hubungan Eksternal TMMIN Bob Azam. Dia mengatakan bahwa untuk TKDN (Tingkat Komponen Dalam Negeri) terhadap model barunya ini hampir 65 persen berhasil dibuat di Tanah Air.

Jadwal Mobil SIM Keliling DKI Jakarta, Depok, Bandung, Bekasi Sabtu 27 April 2024

"Untuk TKDN sekitar 65 persen itu khusus varian hybrid, dan kalau untuk yang bensin mencapai 85 persen," ujar Bob di Jakarta Pusat, dikutip VIVA Selasa 22 November.

Lebih lanjut, dia memberitahu untuk mesin dari Kijang Innova Zenix ini masih didatangkan dari luar negeri atau impor. Hal itu dikarenakan pabrik yang beroperasi di Indonesia ini masih memproduksi mesin yang lama.

"Jadi kami ada dua pabrik mesin, satu yang digunakan untuk model Veloz, Avanza, dan yang kedua dipakai Innova lama. Berbeda dengan negara Jepang dan Thailand yang menghadirkan mesin baru," tambahnya.

Secara teknologi, model terbaru ini telah disematkan fitur keselamatan baru yang bernama Toyota Safety 3.0. Fitur ini memiliki fungsi untuk memberikan peringatan dini kepada pengemudi ketika mobil berada dalam keadaan tidak aman atau bahaya.

Untuk mesinnya, Kijang Innova Zenix terbaru ini mengusung TNGA 2.0L berkode M20A-FXS. Mesin itu menghasilkan tenaga 152 daya kuda pada 6.000 rpm dengan torsi mencapai torsi 19,1 Kgm pada 4.400-5.200 rpm. Tenaga itu dilengkapi transmisi CVT baru 10 percepatan.

Sebagai tambahan informasi, saat ini para konsumen sudah bisa memesan kendaraan ramah lingkungan tersebut di beberapa diler resmi Toyota. Untuk harga satu unit varian hybrid ini dibanderol mulai dari Rp458 juta sudah OTR DKI Jakarta.

?

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya