Mobil Jenis Hybrid Diminta Bisa Kebal Ganjil-Genap

ilustrasi gambar mobil hybrid dari Lexus LS F Sport
Sumber :
  • Lexus Indonesia

VIVA Otomotif – Pemerintah Indonesia telah mengeluarkan berbagai aturan terhadap mobilitas kendaraan, salah satunya ganjil-genap. Kebijakan insentif non-fiskal ini telah diterapkan pada mobil berbasis listrik yang mendapatkan kebebasan tersebut.

Gasak Harta Majikan Saat Mudik Lebaran, Pria di Tangerang Ditangkap Polisi

Diketahui, saat ini kendaraan jenis ramah lingkungan sudah mulai diperkenalkan sekaligus dijual kepada masyarakat Indonesia. Salah satunya mobil hybrid, yang diklaim irit bahan bakar dan dapat mengurangi gas emisi buang.

Staf Khusus Menteri Koordinator Perekonomian Bidang Pengembangan Industri dan Kawasan, I Gusti Putu Suryawirawan mengatakan bahwa peraturan tersebut baru hanya diperbolehkan kendaraan listrik. Hanya saja  sekarang ada mobil jenis hybrid masih belum bebas masuk ke jalan ganjil genap.

Apes, Karyawan Diler Bikin Ferrari F40 Seharga Rp51 Miliar Ringsek Parah

Tampilan mobil Kijang Innova Zenix Hybrid terbaru

Photo :
  • VIVA Otomotif/Muhammad Thoifur

"Harusnya kendaraan yang setengah listrik seperti hybrid maupun plug-in hybrid diberikan insentif non-fiskal juga, sehingga seluruh daerah di indonesia itu juga bisa menerapkan pemberian kebijakan ini," ujar Putu saat ditemui di Bandung, dikutip VIVA Jum'at 2 Desember 2022.

C3 Aircross Dijual Murah, Citroen Tak Berminat Pasang Target Penjualan

Lebih lanjut, dirinya meminta kepada Lembaga Pengembangan Inovasi dan Kewirausahawan ITB (LPIK-ITB) bisa melakukan kajian atau penelitian soal pemberian insentif non-fiskal ini. Apakah kebijakan ini sudah cukup untuk menumbuhkan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia atau tidak.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Administrasi, Korporasi dan Hubungan Eksternal TMMIN Bob Azam menambahkan untuk bisa dilakukan kebijakan insentif ini kepada mobik jenis hybrid. Karena menurutnga, kendaraan itu masuk ke dalam ramah lingkungan.

"Ya insentif, masyarakat yang menggunakan mobil listrik kam bukan BEV aja, tetapi juga ada hybrid. Saat ini kan BEV masih mahal, kalo kami sih berharap yg hybrid juga bisa dapat insentif, karena prinsipnya seluruh lapisan masyarakat ingin partisipasi mengurangi emisi dan menghemat bahan bakar," tambah Bob.

Sekadar informasi, saat ini Tanah Air tengah kedatangan mobil baru dari merek Toyota dengan model Kijang Innova Zenix, dengan varian hybrid. Untuk harga satu unit model ini dibanderol mulai Rp458 juta, dan sudah on the road DKI Jakarta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya