Sepak Terjang Suzuki Vitara, dari Offroad hingga Urban Mobility

VIVA Otomotif: Suzuki Grand Vitara di IIMS 2023
Sumber :
  • Dok: SIS

VIVA Otomotif – Suzuki memiliki satu mobil yang jadi ikonik di Indonesia, yakni Suzuki Vitara. Kendaraan ini hadir pertama kali di tanah air pada 1992, dan hadir dalam versi penggerak empat roda.

Aksi Sopir Pikap Ini Dipuji Warganet, Berani Hadang Dua Bus Lawan Arus

Desainnya yang serba kotak pada zaman itu, membuatnya disukai oleh banyak orang dan menjadi alternatif bagi penggemar Suzuki Katana yang membutuhkan kendaraan dengan dimensi sedikit lebih besar. Bahkan, konsumen harus rela inden hingga 1-2 bulan untuk mendapatkannya.

Suzuki Vitara generasi pertama dibekali mesin empat silinder berkapasitas 1.600cc, yang masih disuplai oleh pengabutan karburator. Satu tahun kemudian, Indomobil Group meluncurkan versi penggerak dua roda yaitu Suzuki Escudo.

Video Toyota Calya Terjebak di Lumpur, Ada Cara Aman untuk Lolos

VIVA Otomotif: Mobil SUV Suzuki Escudo

Photo :
  • Dok: SIS

Sejak awal kehadiran Vitara dan Escudo diposisikan sebagai mobil untuk kalangan menengah ke atas, oleh sebab itu fitur yang disematkan pada mobil Sport Utility Vehicle atau SUV itu juga lengkap seperti power window, central lock dan kaca spion elektrik.

Perlindungan Cat Mobil Berkualitas Tinggi Hadir di Jakarta Selatan

Setelah belasan tahun, akhirnya Suzuki Indonesia mengenalkan generasi terbaru yakni Grand Vitara pada 2006. Masih masuk di dalam segmen SUV kelas menengah atas, model ini disematkan mesin 2.000cc dan tiga tahun kemudian ditingkatkan menjadi 2.400cc.

VIVA Otomotif: Mobil SUV Suzuki Grand Vitara edisi lama

Photo :
  • Dok: SIS

Pada 2018, Suzuki Jepang menyetop produksi Grand Vitara sehingga Suzuki Indonesia juga turut menghentikan penjualannya pada tahun yang sama. Namun pada tahun ini, mobil ikonik tersebut kembali hadir dengan mesin hybrid generasi terbaru.

Pameran Indonesia International Motor Show atau IIMS 2023 menjadi saksi, kehadiran Suzuki Grand Vitara baru. Booth Suzuki Indonesia dibuat dengan konsep The New Generation Urban Mobility, merepresentasikan rancangan mobil tersebut.

Produk Grand Vitara Hybrid diberikan aksen krom pada bingkai yang membuat wujud SUV ini lebih bold serta sporty. Floating roof berupa pilar jendela berwarna hitam yang berbeda dari warna bodi, menjadikannya lebih modern.

VIVA Otomotif: Suzuki Grand Vitara di IIMS 2023

Photo :
  • Dok: SIS

Selain mesin K15C Dual Jet dan penyematan teknologi SHVS, Suzuki Grand Vitara Hybrid juga dilengkapi dengan fitur canggih seperti 360 Camera, Panoramic Sunroof, Head Unit 9 inci, Auto-dimming Center Mirror, Audio Voice Recognition, Autolight with Guide Me Light, dan enam kantung udara.

“Kami mengusung tema booth New Generation of Urban Mobility, yang menggambarkan kedinamisan mobilitas masyarakat masa kini. Kami menambahkan simulasi teknik berkendara Eco-Driving, yang ditujukan untuk pengunjung agar mengetahui tentang bagaimana teknik Eco-Driving ini dapat bekerja optimal,” ujar 4W Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales, Donny Saputra melalui keterangan resmi, dikutip Senin 27 Februari 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya