Penyewaan Mobil untuk Mudik Lebaran Tahun Ini Naik

VIVA Otomotif: Ilustrasi menyewa mobil lewat aplikasi
Sumber :
  • Dok: TRAC

VIVA Otomotif – Mudik Lebaran merupakan tradisi yang dilakukan oleh banyak orang di Indonesia, sebagai bentuk perayaan Hari Raya Idul Fitri.

Setengah Penjualan Suzuki Berasal dari Mobil Ini

Tidak sedikit dari para pemudik, yang memutuskan pulang kampung menggunakan mobil sewaan. Biasanya, ini dilakukan oleh mereka yang jumlah keluarganya lebih dari empat orang.

Ada banyak alasan mengapa pemudik memilih untuk menyewa mobil, salah satunya yakni bisa menentukan waktu keberangkatan dan tujuan dengan lebih fleksibel dibandingkan dengan menggunakan transportasi umum seperti bus atau kereta api.

Tabrak dan Hendak Rampas Mobil, 6 Debt Collector Sadis Ditangkap Polres Labusel

Selain itu, sewa mobil juga memberikan rasa aman dan nyaman bagi pemudik yang ingin menghindari kerumunan dan kereta api atau bus yang biasanya penuh selama masa mudik.

Sorot Jalur Mudik - Arus lalu lintas di jalan Tol Cipularang

Photo :
  • ANTARA FOTO/M Agung Rajasa
Jadwal Mobil SIM Keliling DKI Jakarta, Depok, Bandung, Bekasi Sabtu 27 April 2024

Jenis mobil yang tersedia juga semakin beragam, mulai dari Low MPV seperti Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia hingga yang fiturnya lebih lengkap dan mewah misalnya Innova atau Alphard.

Beberapa perusahaan juga menawarkan mobil dengan sopir, untuk memudahkan pemudik yang tidak ingin repot mengemudi sendiri.

Jumlah penyedia mobil sewaan juga semakin banyak, bahkan ada yang sudah lama berkecimpung dalam bidang tersebut secara profesional. Contohnya TRAC, yang berada di bawah naungan PT Serasi Autoraya dan Grup Astra International.

Rental Head of Retail TRAC, Desti Indriyasari mengatakan bahwa jumlah penyewa kendaraan pada musim mudik tahun ini jauh lebih banyak dibandingkan tahun lalu.

“Secara order, naik cukup signifikan untuk periode Lebaran tahun ini, khususnya PPKM sudah tidak ada lagi ya. Peningkatan pemesanan kami sangat naik untuk periode Lebaran 2023, sekitar 40 persen,” ujarnya saat acara buka puasa bersama media di Jakarta, dikutip Rabu 12 April 2023.

Desti mengaku pihaknya tahun ini menyiapkan lebih dari 1.200 unit kendaraan untuk disewakan, dengan 1.000-an unit di antaranya merupakan kendaraan penumpang dan sisanya bus.

“Kami ada promo selama periode mudik Lebaran 2023. Pertama Berkah Ramadhan, dengan tarif mulai Rp300 ribuan untuk mobil jenis Avanza. Lalu, ada paket sewa mobil 5, 7 dan 10 hari,” tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya