8 Tips Mudik Lebaran Aman dengan Mobil Pribadi, Pastikan Kondisi Rem dan Ban Prima

Penyekatan Mudik Lebaran 2021
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA Otomotif – Mudik Lebaran 2023 diperkirakan akan mencapai puncaknya pada 19-24 April 2023. Setelah dua tahun terhalang pandemi, pada musim mudik tahun ini diperkirakan 27,32 juta orang bakal berangkat ke kampung halaman menggunakan mobil pribadi.

Kecelakaan Bus di Ciater, 7 Korban Luka Berat Masih Dirawat di Ruang ICU RSUI

Untuk Anda yang berencana mudik menggunakan mobil pribadi, pastikan kondisi tubuh sehat karena akan menghadapi kepadatan kendaraan. Kemudian, perhatikan juga kondisi kendaraan yang akan dipakai.

Berikut tips persiapan saat Anda memutuskan mudik menyambut Hari Raya Idul Fitri dengan menggunakan mobil pribadi, dilansir VIVA Senin, 17 April 2023.

Ratusan Pelajar Depok Gelar Doa Bersama untuk Korban Kecelakaan Bus SMK Lingga Kencana

Mudik Lebaran.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

1. Periksa dengan baik kondisi mobil. Tentu, jika mobil Anda keluaran terbaru mungkin masih sedikit masalah dan kerusakannya. Tapi sebaliknya, jika mobil Anda sudah agak tua, periksa sebaik mungkin untuk mengurangi potensi mogok atau rusak di jalan.

Driver PO Bus Putera Fajar jadi Tersangka, Dirlantas Polda Jabar: Tidak Ada Upaya Pengereman

2. Periksa kondisi pada kontrol utama kendaraan, seperti kemudi, pedal rem, pedal gas, dan pedal kopling. Pastikan semuanya dapat berfungsi baik untuk mengurangi kecelakaan fatal.

3. Periksa kondisi tekanan ban dan kedalaman alur ban. Jika sekiranya sudah perlu ganti, ada baiknya Anda mengganti dahulu. Tekanan ban yang cukup dan alur ban yang baik akan menghindari keretakan ban karena jalanan yang panas. Jangan mengambil risiko menggunakan ban yang sudah tipis.

Ingat, isilah ban mobil Anda dengan angin sesuai ukuran. Bila tekanannya terlalu kecil, tentu akan membuat kenyamanan berkurang, namun jika tekanan angin terlalu tinggi, angin di dalam ban bisa mengembang.

4. Periksa sistem pendingin mesin (thermostat, engine belt, hoses, cooling fan, dan coolant level) dan periksa sistem pendingin udara (AC) apakah sudah bekerja optimal atau belum.

5. Periksalah radiator, gunakan cairan untuk mendinginkan radiator yang berkualitas baik. Dengan menggunakan cairan yang baik dan benar, dapat mengurangi panas pada radiator. Selain itu, air radiator yang baik, juga dapat mengurangi karat pada radiator sehingga mesin tetap stabil.

6. Jangan membawa barang terlalu banyak, termasuk penumpang, karena dapat menambah beban dan membuat mobil tidak seimbang.

7. Jaga kondisi tubuh Anda, dengan olahraga beberapa hari sebelum memulai perjalanan. Jika memang medan terlalu jauh, ada baiknya Anda mencari keluarga pengganti yang bisa menyetir, seperti istri.

8. Sebaiknya Anda tidak mengemudi lebih dari 10 jam perjalanan. Apalagi kondisinya sedang berpuasa. Disarankan pengendara untuk istirahat setiap dua jam sekali. Cara efektif istirahat adalah dengan menerapkan power nap. Lakukan tidur singkat namun berkualitas, cukup 5 menit atau 15 menit atau 30 menit.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya