6 Inovasi Tanpa Akhir Wuling Motors di Indonesia

Pabrik Wuling di Cikarang.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Pius Mali

Jakarta – Wuling Motors menjadi salah satu pabrikan otomotif, yang meramaikan pasar otomotif Indonesia dengan beragam produk dan layanan dan saat ini adalah tahun ke-6 mereka di tanah air.

Mobil Rp100 Jutaan Bensin 25 Km per Liter Sudah Ada di Diler

Wuling Motors memiliki beragam kendaraan yang bisa dimiliki oleh konsumen, mulai dari jenis Multi Purpose Vehicle atau MPV, Sport Utility Vehicle alias SUV, mobil niaga, hingga yang masuk ke dalam kategori elektrifikasi.

Semua produk yang ditawarkan tersedia di lebih dari 150 outlet, yang tersebar di seluruh wilayah nusantara. Hingga tahun ke-6, total pelanggan mereka sudah mencapai 112 ribu konsumen.

Daftar Pilihan Mobil Toyota Tahun 2024 Harga di Bawah Rp 300 Juta

Seluruh pencapaian itu bisa terwujud, berkat kegigihan perusahaan untuk selalu melakukan inovasi tanpa akhir sejak pertama mereka hadir di Indonesia.

Booth Wuling di GIIAS 2021

Photo :
  • Dok: Wuling Motors
Ukur Diri Dulu, Gak Semua Orang Bisa Punya Mobil Listrik

“Inovasi telah menjadi pilar utama Wuling, dalam menghadirkan produk yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia. Langkah demi langkah kami lalui dengan semangat berinovasi, untuk selalu memberikan yang terbaik bagi negeri,” ujar Brand and Marketing Director Wuling Motors, Dian Asmahani lewat keterangan resmi, dikutip VIVA Otomotif Selasa 18 Juli 2023.

Sejak pertama menginjakkan kaki di bumi nusantara, Wuling Motors mulai menerapkan inovasi yang mereka kembangkan. Berikut daftarnya:

1. Pabrik Berstandar Global
Kisah perjalanan Wuling Motors di Indonesia dimulai pada 11 Juli 2017, saat pabrik mereka yang berlokasi Cikarang, Jawa Barat mulai beroperasi dan melibatkan 3.000 pekerja. Mereka juga membangun supplier park, dan menggandeng 15 pemasok komponen internasional serta lebih dari 20 pemasok komponen lokal.

Selain menggunakan teknologi canggih dan peralatan berstandar internasional, pabrik Wuling Motors juga mengadaptasi teknologi global General Motors yaitu Global Manufacturing System atau GMS, yang digunakan di seluruh pabrikan GM di dunia.

Menko Marves, Luhut Binsar Pandjaitan berkunjung ke pabrik Wuling Motors

Photo :
  • Dok: Wuling

2. Wuling Confero dan Wuling Cortez
Model pertama yang dipasarkan Wuling Motors di Indonesia adalah Wuling Confero dan Confero S, yang masuk ke dalam segmen MPV dan ditawarkan dengan harga mulai dari Rp128 jutaan hingga Rp162 jutaan on the road DKI Jakarta.

Beberapa inovasi yang hadir pada seri Confero yakni bangku dengan konfigurasi tujuh dan delapan penumpang, captain seat yang menjadi pertama di kelasnya serta pemantau tekanan ban untuk memastikan perjalanan tetap aman dan nyaman.

Tahun berikutnya, Wuling Motors kembali meluncurkan MPV dengan nama Wuling Cortez berbanderol mulai Rp218 jutaan OTR DKI Jakarta. Model ini dirancang dengan teknologi dari Eropa dan Amerika Serikat, dan generasi terbarunya dibekali banyak fitur canggih.

Seat tray di New Wuling Cortez

Photo :
  • VIVA Otomotif

3. Wuling Almaz dan Wuling Alvez
Satu tahun setelah Cortez, Wuling Motors kembali menggebrak pasar otomotif nasional dengan menghadirkan SUV Wuling Almaz. Inovasi yang disematkan mulai dari kamera 360 derajat, hingga panoramic sunroof.

Dua tahu kemudian, Wuling Almaz RS yang sarat teknologi canggih resmi mengaspal. Fitur andalannya yaitu Wuling Interconnected Smart Ecosystem atau WISE yang merupakan gabungan dari teknologi Internet of Vehicle dan Advanced Driver Assistance System atau ADAS.

Ada juga Wuling Indonesian Command alias WIND, di mana pengemudi maupun penumpang bisa mengakses beberapa fitur lewat perintah suara berbahasa Indonesia dan Wuling Remote Control App. Tahun ini mereka juga menghadirkan Wuling Almaz Hybrid yang ramah lingkungan.

Pada tahun ini, Wuling Meluncurkan Wuling Alvez yang juga masuk ke dalam kategori SUV dan dilengkapi fitur canggih seperti WISE dan ADAS, serta WIND. Harga yang ditawarkan mulai dari Rp209 juta OTR DKI Jakarta.

VIVA Otomotif: Wuling Almaz Hybrid

Photo :
  • VIVA/Yunisa Herawati

4. Wuling Formo
Segmen kendaraan komersial di Indonesia disemarakkan oleh kehadiran Wuling Formo berjenis blind van pada 2018, dan kemudian Formo Max di 2023. Meski dipakai untuk membawa barang, namun inovasi yang dihadirkan terbilang lengkap seperti anti-lock braking system atau ABS dan Electronic Brakeforce Distribution alias EBD, sehingga roda tidak selip saat direm mendadak di jalanan licin.

VIVA Otomotif: Wuling Formo Max

Photo :
  • VIVA/Yunisa Herawati

5. Wuling Air ev
Bisa dibilang ini adalah mobil listrik ikonik yang saat ini sedang jadi tren di Indonesia. Wuling Air ev menggabungkan kepraktisan berkendara dengan nol emisi, sehingga ideal digunakan sebagai kendaraan harian. Proses pengisian baterainya dapat dilakukan di rumah, dan banderolnya mulai dari Rp243 jutaan OTR DKI Jakarta belum dipotong subsidi.

VIVA Otomotif: Modifikasi mobil listrik Wuling Air ev

Photo :
  • Dok: Wuling Motors

6. Aftersales dan Pembiayaan
Wuling berkomitmen untuk menjaga kepuasan pelanggan melalui layanan purna jual, seperti Emergency Road Assistance dan Wuling Mobile Service yang siap memberikan bantuan saat dibutuhkan. Sejak 2021, Wuling juga telah bekerja sama dengan Tekno Body Repair di untuk mempercepat pengerjaan perbaikan bodi dan cat yang dibutuhkan pelanggan.

Wuling Motors turut  melengkapi layanannya dengan hadirnya PT SGMW Multifinance Indonesia (Wuling Finance), guna memudahkan calon konsumen mendapatkan kendaraan idaman. Inovasi yang diberikan salah satunya proses secara real time melalui aplikasi mobile.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya