Daftar Mobil Buatan China yang Banyak Diekspor

VIVA Otomotif: Mobil SUV BYD U8 diluncurkan di China
Sumber :
  • Carnewschina

Beijing – Pada semester pertama tahun ini, pabrikan otomotif di China mengekspor 2,14 juta unit kendaraan ke seluruh dunia. Jumlah itu mengalami peningkatan 75,7 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu, menurut Asosiasi Produsen Otomotif Tiongkok (CAAM).

Biaya Pernikahan Mahalini dan Rizky Febian Bisa Beli Mobil Mewah Sebanyak Ini

Dari jumlah itu, sebanyak 1,78 juta unit merupakan mobil penumpang dan jumlahnya mengalami peningkatan tahun demi tahun sebesar 88,4 persen.

Sementara itu, 534.000 kendaraan yang dikapalkan masuk ke dalam kategori elektrifikasi, dan angkanya mengalami peningkatan tahun demi tahun sebesar 160 persen.

Daftar Harga Mobil Bekas Honda Freed Masih Rp 100 Jutaan, Cocok Buat Keluarga

Dikutip VIVA Otomotif dari laman Carnewschina, Selasa 18 Juli 2023, selama beberapa tahun terakhir ekspor kendaraan dari Negeri Tirai Bambu berkisar sekitar 1 juta unit per tahun. Baru pada tahun 2021, volume ekspor melebihi 2 juta unit untuk pertama kalinya.

Kemudian pada tahun 2022, volume ekspor melampaui 3 juta unit, menjadikan mereka sebagai eksportir mobil terbesar kedua setelah Jepang. Diprediksi pada akhir 2023, volume ekspor kendaraan China diperkirakan akan melebihi 4 juta unit.

Bersama Export Center Surabaya, Bea Cukai Lepas Ekspor Produk Ikan Tenggiri dan Ikan Tuna

Dalam enam bulan pertama tahun 2023, terdapat tujuh perusahaan otomotif Tiongkok yang mengekspor lebih dari 100.000 kendaraan, yaitu SAIC, Chery, Tesla China, Changan, Great Wall Motors, Geely, dan Dongfeng.

Ilustrasi gambar mobil listrik Sedan buatan China

Photo :
  • Electrek

Di antara mereka, BYD mengekspor 81.000 kendaraan, mengalami peningkatan tahun demi tahun sebesar 1.060 persen; Chery mengekspor 394.000 kendaraan, mengalami peningkatan tahun demi tahun sebesar 170 persen; Great Wall Motors mengekspor 124.000 kendaraan, mengalami peningkatan tahun demi tahun sebesar 97,3 persen.

Perlu dicatat bahwa ekspor mobil China terbagi menjadi dua kategori utama: merek independen dan merek investasi asing/joint venture.

Dalam setengah pertama tahun ini, Tesla China mengekspor 182.000 kendaraan, menjadi merek ekspor mobil Tiongkok terbesar ketiga dan menyumbang sepertiga dari total ekspor kendaraan energi baru Tiongkok.

Selain itu, SAIC telah menunjukkan momentum baik di pasar seperti Meksiko, Australia, Inggris, Arab Saudi, India, dan Thailand. Chery juga tampil baik di pasar seperti Rusia, Meksiko, dan Chile.

Secara keseluruhan, Asia, Eropa, dan Amerika Latin adalah pasar utama bagi ekspor kendaraan Tiongkok. Menurut data dari Januari hingga Mei tahun ini, tiga negara importir teratas kendaraan Tiongkok adalah Rusia, Meksiko, dan Belgia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya