38 Orang Tertipu Akun Jual Beli Mobil Klasik, Kerugian Capai Miliaran

Ilustrasi mobil klasik.
Sumber :
  • Dok: Batok

Malang – Walaupun tren otomotif terus berubah dan sudah menghadirkan ragam pilihan kendaraan canggih serta modern, peminat mobil klasik masih terus eksis hingga saat ini. Bahkan sebagian besar masyarakat Indonesia ingin memiliki kendaraan retro apalagi jika di banderol dengan harga jauh di bawah pasaran. 

Brimob Gadungan di NTB Nekat Curi Motor Warga, Begini Modusnya

Belakangan ini, terdapat kasus penipuan pembelian mobil klasik melalui platform Instagram, yang berhasil merugikan puluhan orang dengan kerugian capai miliaran rupiah. 

Salah satu akun jual-beli mobil klasik, @Klasixauto.id mengaku bahwa akun aslinya bernama @Klasixgarage.id sudah diretas oleh pihak yang tidak bertanggung jawab dan telah menipu puluhan konsumen. 

Ajak Netizen Pakai Medsos untuk Hal Positif, Aurelie Moeremans: Aku Banyak Banget Dapet Kerjaan

"Kami memohon maaf kepada Sobat Klasix Auto yang merasa terganggu dengan postingan akun @klasixgarage.id, karena per tanggal 25 Mei 2023 akun kami telah di retas oleh pihak yang tidak bertanggung jawab," tulis akun Instagram Klasixauto.id, dikutip VIVA Otomotif pada Selasa, 19 September 2023. 

"Laporan yang saya dapatkan hingga saat ini sudah 38 orang yang tertipu dan kerugian hampir 2 Milyar Rupiah," tambah akun tersebut. 

Rumah di Jaktim Roboh saat Renovasi, 1 Warga Tewas Tertimpa

Menurut akun Klasixauto.id bahwa peretas akun mereka sudah berhasil meretas banyak akun jual beli

"Bukan hanya akun Klasixgarage.id, mereka (para peretas) juga meretas banyak akun jual beli,"

Akun jual beli mobil klasik ini pun mengungkapkan modus penipuan ini, "Modus mereka hampir sama menjual iPhone dan Mobil dengan harga di bawah pasaran," 

Diketahui, bahwa pihak dari Klasixauto.id sudah melaporkan kasus ini kepada tim Instagram dan tim Siber Polda Jawa Timur, bahkan sudah menjalani dua kali panggilan tetapi belum ada tindakan cepat dari pihak kepolisian. 

"Para korban juga sudah melapor namun belum ada tindakan cepat. Mau berapa banyak korban lagi baru di tindak @Poldametrojaya," tulisnya. 

Pihaknya pun juga memohon kepada @CCIPolri untuk bertindak cepat agar tidak ada lagi korban di akun Klasixgarage.id dan akun jual beli lainnya. 

"Setelah melakukan berbagai upaya mengembalikan atau mengamankan akun tersebut, dengan berat hati kami meluncurkan akun Instagram baru @Klasixauto.id," jelas akun jual beli mobil retro Klasixauto.id. 

Terlihat di kolom komentar, beberapa netizen mengaku sebagai korban dan mengungkapkan kekesalannya karena sudah ditipu oleh pihak tidak bertanggung jawab tersebut. 

"Cape cape nabung eh ketipu," tulis salah satu warganet. 

"Aku salah satu korbannya... Semoga tak ada lagi yang jadi korban.." kata warganet lainnya. 

"Udah semingguan, tiap hari report itu akun, tapi kayak gaada efek apa-apa," komentar netizen. 

"Wah jujur saya baru ketipu sih, bener-bener baru banget ketipu @klasixauto.id," ungkap warganet. 

Terpantau akun @Klasixgarage.id sudah tidak bisa ditemukan di platform Instagram. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya