2 Mobil Listrik Mitsubishi Motors Bakal Hadir di Indonesia

Presiden Jokowi jajal Minicab MiEV di GIIAS 2021
Sumber :
  • Biro Pers Sekretariat Presiden

Bogor, 4 Oktober 2023 – Pada awal tahun depan, Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia berencana untuk memperkenalkan mobil listrik berbaiss Battery Electric Vehicle atau BEV, untuk segmen kendaraan niaga.

Gaikindo Ungkap Alasan Penjualan di Industri Otomotif Merosot

Rencana tersebut merupakan langkah penting MMKSI, dalam menghadirkan solusi transportasi yang ramah lingkungan di Indonesia. Director of Sales and Marketing MMKSI, Irwan Kuncoro mengungkapkan bahwa perusahaan juga memiliki rencana untuk memperkenalkan satu model BEV untuk segmen kendaraan penumpang.

“Nanti awal tahun mau launching, memperkenalkan BEV untuk light commercial vehicle. Nah untuk passenger car, di GIIAS kami ada satu model BEV,” ujarnya, dikutip VIVA Otomotif di kawasan Cibubur.

Ajak Jalan Wuling Cloud EV di Perkotaan, Tetap Nyaman di Tengah Kemacetan

Ketika ditanya apakah kendaraan BEV tersebut adalah produk buatan lokal, Irwan Kuncoro menjawab dengan pasti bahwa hal itu benar.

Mitsubishi Minicab MiEV di IIMS 2022.

Photo :
  • Dok: MMKSI
Mengenal Komponen ICCU yang Bikin Hyundai Recall Ioniq 5 dan Ioniq 6

“Saat ini aturan pemerintah kan akan memberikan insentif untuk produk lokal, itu yang tentunya harus juga menjadi pertimbangan kalau memperkenalkan produk BEV. Tentu harusnya mengarah ke local product,” tuturnya.

Terkait apakah Mitsubishi akan melakukan tambahan investasi dalam pengembangan kendaraan listrik ini, terutama mengingat anggaran sebesar Rp5,7 triliun yang diumumkan sebelumnya. Irwan mengungkapkan bahwa saat ini belum ada informasi konkret mengenai hal itu.

“Mungkin pada saatnya lah, kalau memang sudah konkret baru kami bisa update. Seharusnya sih perlu ya, tapi bagaimana pun juga pemerintah saat ini sudah memberikan insentif BEV,” ungkapnya. 

Irwan juga menyoroti pentingnya infrastruktur dan peraturan pemerintah dalam mendukung pengembangan kendaraan listrik.

Teknologi elektrifikasi seperti hybrid, plug-in hybrid (PHEV), dan BEV semuanya tersedia di Mitsubishi, tetapi implementasinya akan tergantung pada kemajuan infrastruktur dan regulasi pemerintah.

Mitsubishi Outlander PHEV

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Dengan fokus pada produk lokal dan dukungan insentif pemerintah, Mitsubishi Motors Indonesia berusaha untuk menjadi pemain utama dalam industri kendaraan listrik di Indonesia.

Meskipun masih ada tantangan teknis dan regulasi yang harus diatasi, Mitsubishi berkomitmen untuk berkontribusi dalam menjadikan masa depan transportasi lebih ramah lingkungan dan berkelanjutan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya