Warganet Serbu Medsos Esemka, Ini Permintaan Mereka

VIVA Otomotif: Mobil listrik Esemka Bima EV
Sumber :
  • VIVA/Yunisa Herawati

Jakarta, 29 November 2023 – Esemka sebagai merek mobil nasional Indonesia, beberapa waktu lalu menjadi sorotan publik setelah memamerkan mobil listriknya di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023.

Mobil HR-V Tertimpa Bak Truk Gandeng di Gresik, 2 Orang Tewas

Proyek Esemka dimulai pada November 2012 di Solo, Jawa Tengah. Adalah Sukiyat, pria kelahiran 1957 yang berhasil menyita perhatian Presiden Jokowi, saat beliau masih menjabat sebagai Wali Kota Solo. Mobil yang dibangun di bengkelnya bersama anak-anak Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Namun, perjalanan Esemka ke kancah nasional harus terhenti. Pemerintah pada 2013 mengesahkan hadirnya kendaraan baru low cost green car. alias LCGC. Harga jualnya sangat terjangkau, membuat pamor Esemka meredup sebelum sempat berkembang.

Pemerintah Tebar Insentif Kendaraan Listrik hingga 10 Persen, Intip Simulasinya

Akan tetapi pada 2018, nama Esemka muncul di daftar uji tipe Kementerian Perhubungan. Dan setelah hampir tujuh tahun, akhirnya PT Solo Manufaktur Kreasi yang menghadirkannya ke publik.

Mobil Esemka

Photo :
  • Fajar Sodiq/VIVAnews.
Alasan Atta Halilintar Kasih Hadiah Mobil ke Ameena: Permintaan Mamanya

Produk perdana mereka yakni mobil pikap Esemka Bima, resmi diluncurkan pada September 2019. Kendaraan yang masuk dalam segmen komersial itu, hadir dalam dua pilihan mesin.

Tak lama usai peluncuran, TNI Angkatan Udara memesan Bima sebanyak 35 unit. Proses pembelian tidak langsung dilakukan oleh para penjaga kedaulatan di udara itu, melainkan melalui Induk Koperasi Angkatan Udara atau Inkopau.

Diikuti kemudian oleh Pemerintah Kota Semarang, yang menggunakannya untuk keperluan Sarana dan Prasarana. Jumlahnya sebanyak dua unit. Tak hanya itu, Kementerian Pertahanan juga memborong beberapa unit Bima. Hal itu dilakukan pada Oktober 2019 lalu.

Selain Bima, Esemka juga pernah memamerkan jenis mobil lainnya saat peresmian pabrik mereka di Boyolali, Jawa Tengah. Salah satu yang ditampilkan adalah mobil SUV alias Sport Utility Vehicle. Namun hingga kini, model tersebut tak kunjung diproduksi.

Dari penelusuran VIVA Otomotif di laman Instagram @esemkaindonesia, banyak warganet yang meminta perusahaan tersebut untuk memproduksi kendaraan jenis lain.

Esemka Garuda 1

Photo :
  • Instagram @esemkaofficial_

”Produksi lcgc min, pake mesin 800 cc cukuplah,” kata salah satu warganet.

”Logo esemka ganti dong, biar lebih dikenal, keren, timeless,” ujar warganet lainnya.

”Ayo dong min jualan yang serius sebar kemana2, dan bikin juga mobil penumpang 7 seat kaya mulai dari MPV atau suv,” tulis netizen.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya