Teknologi BYD Ini Diklaim Bisa Merevolusi Mobil Listrik di Indonesia

Booth BYD di IIMS 2024
Sumber :
  • VIVA/Yunisa Herawati

Jakarta – Produsen asal China, BYD (Build Your Dreams) menggunakan teknologi terkini e-platform 3.0 dan 8-in-1 powertrain pada tiga mobil listriknya, yang telah mengaspal di Indonesia, yakni BYD Atto 3, BYD Dolphin, dan BYD Seal

1,2 Juta Kendaraan Sudah Kembali ke Jabotabek

Tatsuya Mikami selaku Chief Advisor BYD Japan menyampaikan teknologi revolusioner BYD, meliputi 8-in-1 powertrain dan e-platform ini membuka babak baru dalam transformasi industri yang berkelanjutan. 

"Ini mencerminkan komitmen BYD untuk membuka masa depan transportasi yang lebih cerdas, ramah lingkungan, dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat," ujarnya di JIEXpo Kemayoran, Jakarta, dikutip VIVA Otomotif

Polisi: 30 Persen Kendaraan Pemudik Belum Balik Jakarta

Menurut Mikami, penggunaan huruf "E" di depan kata platform menunjukkan koneksi elektrik pada platform tersebut dan menambahkan 3.0 di belakangnya karena terintegrasi dengan blade battery

BYD Indonesia

Photo :
  • VIVA.co.id/Arianti Widya
Tesla PHK 10 Persen Karyawan di Seluruh Dunia

"e-platform 3.0 ini memiliki empat keunggulan. Dimana keunggulan ini bisa menjaga performa mobil listrik BYD secara menyeluruh," jelas Mikami. 

Adapun empat keunggulannya dimulai dari rancangan eksklusif pada bodi e-platform 3.0, yang bisa menjamin keamanan kendaraan listrik murni karena blade battery di pasang menempel dengan bodinya sehingga bisa memantau suhu dan menjaga kekuatan bodi. 

Kemudian, keamanan e-platform 3.0 juga ditunjang dari estetika bodi mobil yang lebih rendah dan basis roda yang lebih panjang, sehingga membebaskan desain aerodinamis kendaraan dan menjadikan tampilan mobil yang lebih baik. 

"e-Platform 3.0 ini juga memiliki sistem tenaga listrik efisiensi tinggi yang bisa membuat berat kendaraan lebih ringan dan meningkatkan efisiensinya," kata Mikami. 

Lalu, dalam perancangan e-platform 3.0, BYD mengintegrasikan motor, gearbox, inverter, konverter DC/DC, dan komponen penting lainnya ke dalam satu unit, memberikan keuntungan berupa penghematan ruang di bodi mobil. 

"Pendekatan ini tidak hanya mengurangi berat kendaraan dan meningkatkan efisiensi, tetapi juga memaksimalkan ruang kabin untuk kenyamanan pengemudi dan penumpang," ungkap Mikami. 

Mikami menambahkan, e-platform 3.0 sangat krusial sebagai teknologi yang diciptakan oleh BYD untuk mobil listrik. 

"Ini untuk menyatukan keamanan, efisiensi, kecerdasan, dan estetika yang mulus," Mikami menambahkan. 

Tidak hanya e-platform 3.0, BYD juga memiliki teknologi andalan lainnya, yaitu 8-in-1 powertrain yang mencakup BMS, VCU (Vehicle Control Unit), inverter, PDU (Power distribution unit), OBC (On Board Charger) yang digabung menjadi satu unit, dan gearbox/e-motor dalam unit lain. Pemisahan komponen dilakukan pada semua perangkat kecuali gearbox dan e-motor.

Mikami mengatakan integrasi mendalam pada 8-in-1 powertrain BYD mampu memberikan efisiensi sistem sebesar 89 persen dan mencakup fungsi mengemudi dan pengereman, dengan pengendali domain powertrain canggih untuk respon cepat dan pemanfaatan penuh motor listrik. 

"Ada dua keuntungan dari 8-in-1 powertrain, mulai dari ukuran yang efisien dengan ruang yang lega sebagai rumah dari komponen-komponen dan segi biaya. Karena BYD membuat semua komponen secara in-house, harga produksi dapat lebih terjangkau dan akan menguntungkan pelanggan," tutup Mikami. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya