Kebangetan Sampai Mobil Toyota Punya Negara Dipakai Cucu Eks Mentan SYL

SYL di KPK
Sumber :
  • VIVA.co.id/Zendy Pradana

VIVA – Borok dari kasus korupsi mantan Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (SYL) terus dibeberkan oleh sejumlah orang tedekat yang sempat bekerja bersamanya. Salah satunya terkait mobil Toyota yang digunakan cucunya.

Rampas Barang Hasto, Eks Wakapolri Sebut Penyidik KPK Bisa Dipidana

Kepala Badan Standarisasi Instrumen Pertanian, Fadjry Djufry saat dihadirkan Jaksa KPK sebagai saksi sidang kasus gratifikasi, mengaku bahwa disuruh oleh SYL menyediakan mobil untuk cucunya, yaitu Andi Tenri Bilang Radisyah.

TAM Luncurkan Toyota NAV1

Photo :
PPATK Ungkap Fakta Transaksi Mencurigakan Judi Online, Lebih Ngeri dari Korupsi

“Meminjamkan mobil selama beberapa tahun sejak 2020 sampai 2023,” ujar Fadjry saat sidang, dikutip, Jumat 24 Mei 2024.

Mobil yang digunakan cucu SYL itu adalah Toyota NAV1 milik negara, atau keperluan operasional Litbang Pertanian, namun dia mengaku tidak bisa menolak karena perintah langsung dari sang menteri.

Deretan Pilihan Mobil Honda per Juni 2024 Harga Rp 200 Jutaan

“Mobil kantor, mobil dari Litbang Pertanian. Iya Toyota NAV, mobil negara,” sambungnya.

Toyota NAV1 pertama kali dijual di Indonesia pada 2012. Mobil MPV (Multi Purpose Vehicle) pintu geser tersebut hadir sebagai pesaing Mazda Biante, Nissan Serena, atau Mitsubishi Delica pada saat itu.

Mobil yang menjadi nenek moyang Toyota Voxy itu statusnya rakitan lokal, atau CKD (Completely Knock Down). Namun karena penjualannya tidak menjanjikan, pada 2016 NAV1 mulai discontinue, atau setop jualan.

Hingga akhirnya 2017 digantikan dengan Voxy. Secara segmen mobil itu hadir untuk menjangkau konsumen yang tidak mampu memboyong Alphard, sehingga diberikan tawaran MPV pintu geser yang dimensinya tak kalah besar.

Menurut beberapa sumber NAV1 adalah singkatan dari Navigation One, namun untuk pasar Jepang mobil itu diberi nama Noah. Mobil keluarga itu memiliki konfigurasi 7-penumpang dengan captain seat di baris keduanya.

Dipersenjatai mesin bensin empat silinder berkapasitas 2.000cc berkode 3ZR-FE, dan hanya tersedia dengan transmisi matik, berpenggerak roda depan. Menurut platform jual beli online, harga mobil Toyota yang diunakan cucu SYL saat ini hanya Rp150 jutaan lansiran 2013.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya