FOTO: Modifikasi Mobil Kolaborasi 3 Negara

VW Kodok modifikasi
Sumber :
  • Speedhunter

VIVA.co.id - Memodifikasi mobil klasik memang selalu menjadi kegiatan yang menyenangkan. Selain begitu banyak pilihan model, kita juga bebas menentukan aliran modifikasinya.

Aksesori Mobil Ini Berbahaya Jika Digunakan di Dalam Kota

Dilansir dari situs Speedhunter, Kamis 12 Februari 2015, karya yang satu ini patut menjadi contoh modifikasi yang sempurna. Mobil Volkswagen Bettle, atau biasa dikenal dengan nama VW Kodok, ini dimiliki oleh seorang pecinta otomotif asal Jepang, yakni Manabu Kanda.

Awalnya Kanda mendapatkan mobil ini dalam kondisi yang tidak sempurna, meski cukup laik jalan. Olehnya, mobil lansiran 1956 ini dimodifikasi sehingga tampil lebih menarik. Dan karena Kanda sangat menggemari budaya penduduk Amerika Serikat, maka tidak heran apabila aliran modifikasi yang dipilih adalah California look.

Holden Klasik, Kembali ke Ciri Khas Negeri Kanguru

Tahap pertama, mobil dimasukkan ke bengkel cat, di mana cat hijau bawaan mobil dibuang dan diganti menjadi warna emas, yang oleh Kanda disebut dengan 'Beer Gold'. Kemudian, Kanda membuang bumper depan dan belakang, agar tercipta kesan minimalis, layaknya VW Kodok yang banyak beredar di AS.

Berbeda dengan kebanyakan modifikasi yang dilakukan orang Jepang pada umumnya, Kanda justru menggunakan lebar as roda yang lebih kecil, untuk menguatkan kesan balap drag race. Velg dipilih berukuran 15 inci buatan Centerline, lengkap dengan dua ban yang berbeda ukurannya.

Modifikasi Honda Odyssey: Bunglon yang Mudah Bergaul

Tidak seperti mobil Jepang hasil modifikasi yang sering salah kaprah, roda belakang yang lebih lebar pada VW ini sesuai dengan spesifikasi mobil, yakni berpenggerak roda belakang.

Terakhir, Kanda mengganti mesin 1.300cc bawaan standar dengan mesin VW Kombi, atau dikenal dengan nama Tipe 2, berkapasitas 1.776cc, lengkap dengan karburator dua barrel buatan Kadron.

Baca juga:

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya