Anak Tangerang Ini Tanami Mobil Yaris dengan Fingerprint

Muhammad Ridwan Prasetyo dengan mobil modifikasinya
Sumber :

VIVA.co.id - Muhammad Ridwan Prasetyo, atau yang akrab di sapa Tio menjadi salah satu finalis dalam kompetisi Yaris Show Off (YSO) 2015. Meski gagal menjadi King of Yaris Show Off 2015, namun keberhasilannya masuk lima besar pantas diacungi jempol.

Bagaimana tidak, konsep modifikasi dari pemuda asal Tangerang Selatan ini berhasil mengalahkan ratusan peserta lainnya.

JK Bangga Penjualan Mobil Capai Satu Juta Unit per Tahun

Menurut pihak penyelenggara, PT Toyota Astra Motor (TAM), konsep yang masuk ke panitia total mencapai 248.

Lalu, apa yang menarik dari mobil modifikasi Tio ini? Kepada VIVA.co.id, pemuda yang mengaku baru pertama terjun untuk memodifikasi roda empat ini mengaku teknologi fingerprint (sidik jari) menjadi andalan dari mobil besutannya ini.

Pemuda kelahiran Jakarta, 26 Juni 1994 ini mengaku teknologi fingerprint ini menjadi daya tarik dari mobil hasil kreasinya. Menurutnya, teknologi ini sebelumnya tak pernah diterapkan selama kompetisi Yaris Show Off mulai digelar pada 2007 silam.

"Ide fingerprint itu muncul, setelah membaca regulasi dari kompetisi ini dan ternyata selama ini belum pernah ada yang memakainya. Sistem kerja fingerprint itu, yakni kunci kontak saya 'jump' ke accu (aki)," kata Tio kepada VIVA.co.id, Senin 23 Maret 2015.

"Jadi, setelah dikunci kotak pada posisi on, kalau kita belum verifikasi dengan jari kita di hardware, aki tidak bakal ngangkat. Jadi, mau disetarter, atau didorong seperti apa tetap tidak akan menyala," terang Tio.

Selain teknologi fingerprint yang ditanamkan, Tio juga melakukan beberapa perubahan tampilan pada interior dan eksterior mobil Yarisnya. Untuk pilihan warna eksterior, Tio memilih warna Oranye yang jadi warna kesukaannya.

Sedangkan untuk interior, dasboard hingga door trim digunakan panel carbon untuk memperindah. Untuk audio system, Tio memadukan power venom turbo series 4 ch, power venom turbo monoblock, subwoofer venom turbo 12'', capasitor bank venom, split, serta coaxial speaker venom turbo series yang didukung dengan pandora prosesor Venom MK2.

Saat disinggung mengenai biaya untuk memodifikasi mobilnya ini, Tio mengaku telah menghabiskan separuh dari harga All New Yaris 2015, atau sekitar Rp100 juta.  (asp)


![vivamore="Baca Juga :"]

Pameran Mobil Terbesar Asia Tenggara GIIAS 2016 Resmi Dibuka

Wapres Kalla Resmikan Pembukaan GIIAS 2016

[/vivamore]
Contoh rem depan motor yang dilengkapi ABS.

Mengenal Rem ABS, Masalah dan Solusinya

Fungsinya sangat vital, makanya perlu perawatan.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016