Inikah Jawaban Nissan untuk Outlander Sport dan HR-V?

Nissan Kicks Concept
Sumber :
  • Rushlane
VIVA.co.id
GIIAS 2016 Dimeriahkan dengan Dua Mobil Konsep Lexus
- Selain
Multi Purpose Vehicle
VIDEO: Teaser Mobil Konsep Mitsubishi Penantang Avanza
atau MPV, ternyata pasar yang masih menggiurkan bagi produsen otomotif adalah kelas Low Sport Utility Vehicle
Toyota Pamer Mobil Masa Depan di GIIAS 2016
(SUV), atau terkadang disebut dengan istilah Crossover Utility Vehicle
(CUV).

Definisi dari CUV adalah memiliki panjang kurang dari 4,3 meter dan berpenampilan tangguh layaknya SUV. Di Indonesia, beberapa model yang mengusung jenis ini di antaranya Honda HR-V, Suzuki SX-4, Mitsubishi Outlander Sport, dan Nissan Juke.

SX-4 dan Juke sejatinya masuk dalam kategori compact crossover, karena panjangnya kurang dari 4,2 meter. Mobil jenis ini biasanya memiliki luas kabin yang kurang maksimal, sehingga penumpang belakang tidak dapat duduk dengan nyaman.

Sementara itu, jenis CUV seperti Outlander Sport dan HR-V dirasa ideal bagi kebanyakan konsumen, tidak terlalu besar maupun kecil. CUV ini sangat mudah bermanuver di jalanan perkotaan yang padat maupun ruang parkir sempit, namun memiliki ruang kaki yang lega dan bagasi yang memadai.

Dilansir dari Rushlane, Rabu 1 April 2015, Nissan berencana melengkapi jajaran produk mereka dengan menghadirkan Kicks. Meski sama-sama mengusung konsep Crossover, namun Kicks memiliki dimensi yang lebih panjang dari Juke.

Ini artinya, Kicks diposisikan untuk bersaing dengan HR-V dan Outlander Sport yang sudah lebih dulu hadir di pasar otomotif. Secara umum, desain Kicks hasil sketsa ini tidak berbeda jauh dengan Juke. Ini tampak pada lebarnya ruang roda serta atap yang rendah di bagian belakang.

Nissan memutuskan, bentuk depan Kicks lebih konvensional, dengan menggunakan lampu berbentuk persegi dan lis grille krom berbentuk "V" yang menjadi ciri khas Nissan saat ini. Tuas pembuka pintu belakang kemungkinan besar juga dibuat sederhana, tidak lagi di pilar C seperti Juke dan HR-V.

Untuk jantung pacu, tampaknya Nissan akan tetap mengusung mesin berkapasitas 1.500cc, sama seperti yang dipakai oleh Juke dan March. Rencananya mobil ini akan mulai dipajang dalam wujud versi produksi pada awal 2016 mendatang di India.

(asp)

![vivamore="Baca Juga :"]

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya