Jadi Taksi di India, Bagaimana Kualitas Splash di Indonesia?

Suzuki New Splash
Sumber :
  • Carbuzz
VIVA.co.id
Splash Disuntik Mati, Jangan Khawatir Soal Suku Cadang
- Salah satu mobil produksi Suzuki yang dijual di Indonesia, Splash, dinyatakan bakal mengakhiri 'kariernya' karena disetop pembuatannya di India. Diketahui, Suzuki Indonesia memang mengimpor Splash dari India sebanyak 6 ribu unit per tahun.

Demi Dapatkan Splash, Suzuki Indonesia akan Melobi ke India
Selain dijual bebas, Splash memang digunakan sebagai armada taksi di India hingga kini. Meski datang dari India, namun ternyata spesifikasi Splash untuk Indonesia berbeda dengan yang dipasarkan ke negara lain.

Produksi Disetop, Suzuki Indonesia Tetap Jual Splash
“Ada sedikit perbedaan, spek (spesifikasi) taksi itu kan sudah pasti lebih minim, karena perusahaan taksi maunya yang murah, itu sudah di downgrade. Sudah pasti berbeda,” ujar Davy J. Tuilan, Deputy 4W Managing Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) saat ditemui di Kebayoran Baru, Senin malam 6 Juli 2015.

Davy juga mengatakan jika spesifikasi mobil yang dikirim ke Indonesia sudah pasti mengikuti aturan yang berlaku di Indonesia.

“Apabila kita bicara mengenai spesifikasi, orang Indonesia itu saja sudah berbeda dengan dengan di India, kita lebih baik biasanya (kualitasnya),” klaim dia.

Perbedaan lain terlihat dari harga yang ditawarkan. Di India, Splash dijual dengan banderol Rp97-139 juta, sementara di Indonesia dijual dengan harga Rp162-174 juta.

Suzuki Indonesia pun dikatakannya akan tetap menjual mobil tersebut, walaupun produksi dihentikan. Ia beralasan penjualan Splash di Indonesia cukup tinggi. Pihaknya juga mengaku akan mencari cara untuk tetap bisa mendapat stok Splash.

"Banyak cara bisa kita lakukan, seperti minta dia (Suzuki Maruti India) produksi dulu, terus kita stok. Atau kita bisa saja membawa alatnya dari sana, lalu kita buat di sini, pokoknya kita akan tetap jual," ujarnya. (one)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya