Tiga Raksasa Otomotif Beli Peta Rp36 Triliun, Buat Apa?

Dasbor mobil Audi yang dilengkapi dengan peta digital.
Sumber :
  • Autoblog

VIVA.co.id - Beberapa minggu lalu, beredar gosip mengenai aplikasi peta yang dibuat perusahaan telekomunikasi asal Finlandia, Nokia. Dikabarkan aplikasi Here Maps buatan Nokia tengah jadi rebutan beberapa perusahaan besar, termasuk Apple dan Uber.

Teknologi Masa Depan Honda Siap Dipajang di GIIAS 2016

Kini, seperti yang dilansir dari Autoblog, Selasa 4 Agustus 2015, Nokia resmi menjual Here Maps kepada konsorsium tiga produsen otomotif terbesar di Jerman, yang beranggotakan Audi, BMW dan Daimler (Mercedes-Benz).

Kehadiran aplikasi peta digital Here Maps dimulai pada 1986, yang kala itu dimiliki Navteq. Pada 2007, Nokia membeli Here, Maps untuk digunakan pada sistem operasi mereka. Hingga saat ini, aplikasi pesaing Google Maps itu sudah memiliki data peta jalan lebih dari 200 negara dan mendukung hingga 50 bahasa.

Bocah 13 Tahun 'Bejek' Mobil Ini Hingga 320 km per Jam

Nokia mengatakan, meski dibeli perusahaan lain, namun mereka memastikan bahwa aplikasi akan tetap dikembangkan secara open source, dan Audi, BMW serta Daimler memiliki porsi yang sama besarnya, sehingga tidak akan terjadi perselisihan dalam hal kepemilikan.

Meski belum resmi disetujui, namun diperkirakan nilai transaksi pembelian aplikasi Here Maps mencapai US$2,7 miliar, atau setara dengan Rp36 triliun. Dengan dana sebesar ini, ketiga perusahaan yang terkenal memproduksi mobil mewah tersebut diduga akan memanfaatkan Here Maps untuk keperluan navigasi.

Jok Khusus Penyandang Disabilitas Ini Seharga Mobil

Bahkan tidak menutup kemungkinan, data yang ada pada Here Maps akan dimanfaatkan untuk mengembangkan teknologi mobil otonom. Seperti yang diberitakan beberapa waktu yang lalu, beberapa produsen otomotif enggan memakai aplikasi peta milik Google, karena khawatir data-data yang didapat akan dimanfaatkan oleh Google untuk kepentingan pribadi.

Contoh rem depan motor yang dilengkapi ABS.

Mengenal Rem ABS, Masalah dan Solusinya

Fungsinya sangat vital, makanya perlu perawatan.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016