Honda Kucurkan Rp500 M untuk Percepat Produksi LCGC

Fasilitas pengujian mesin mobil Honda.
Sumber :
  • Herdi Muhardi/VIVA.co.id

VIVA.co.id - Untuk meningkatkan daya saingnya di Indonesia, PT Honda Prospect Motor (HPM) akhirnya meresmikan fasilitas pengujian mesin mobil (Engine Test Bench) di pabrik Honda Karawang, Jawa Barat.

Wapres Imbau Produsen Otomotif Manfaatkan Tax Amnesty

Menurut Marketing and After Sales Director HPM, Jonfis Fandy, fasilitas pengujian mesin mobil ini dibangun untuk menguji performa dan kualitas mesin mobil, sehingga memberikan efisiensi kerja di pabrik Honda Karawang.

Sebelumnya, pengujian mesin produksi untuk mobil Honda yang dijual di Indonesia dilakukan di negara lain, yaitu Thailand, India, dan Jepang.

JK Bangga Penjualan Mobil Capai Satu Juta Unit per Tahun

"Tentu saja dengan beroperasinya fasilitas pengujian mesin mobil di pabrik ini, pengujian mesin dapat dilakukan di dalam negeri, sehingga lebih cepat dan efisien," ujar Jonfis kepada media di pabrik Honda, Karawang, Jawa Barat, Rabu 30 September 2015.

Kehadiran fasilitas pengujian mesin mobil juga akan digunakan untuk pengujian terhadap komponen lokal, yang digunakan dalam setiap produksi mesin mobil Honda.

Tips Sukses Bisnis Pencucian Mobil dan Motor

Fasilitas ini, lanjut Jonfis, dapat mempercepat proses pemenuhan lokalisasi komponen untuk mobil-mobil Honda yang dipasarkan di Indonesia.

Sementara itu, President Director HPM, Tomoki Uchida, menjelaskan, saat ini Honda juga tengah melakukan pembangunan pabrik komponen yang digunakan untuk memproduksi poros engkol.

Jika pabrik yang memiliki luas lahan 7.000 meter persegi ini telah beroperasi, tentu saja hal ini dapat membantu peningkatan lokalisasi komponen lokal, sebagaimana telah tercantum dalam aturan mobil murah ramah lingkungan, atau Low Cost Green Car (LCGC).

Selain itu, HPM juga akan berencana membangun pabrik komponen batang piston (connecting rod) di area yang sama, dan akan mulai beroperasi pada 2016 mendatang.

"Dengan total investasi senilai Rp500 miliar, berbagai fasilitas baru ini mempunyai peran penting dalam meningkatkan proses kontrol kualitas dari produksi kami, sekaligus mendukung proses lokalisasi komponen, sehingga semakin efisien," jelas Uchida. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya