Seperti Apa Mobil Nasional yang Paling Ideal di Indonesia?

perakitan mobil esemka
Sumber :
  • ANTARA/Akbar Nugroho Gumay
VIVA.co.id
Wapres Imbau Produsen Otomotif Manfaatkan Tax Amnesty
- Keinginan memiliki mobil nasional untuk Indonesia, sudah lama diupayakan. Salah satu yang cukup menyita perhatian adalah mobil Timor dan Bimantara yang dikembangkan pada rezim Soeharto.

Rem Motor Anda Keras, Ini Penyebabnya

Meski belum terwujud hingga saat ini, upaya untuk memiliki mobil nasional sepertinya masih belum padam. Lalu mobil apa yang tepat untuk menjadi sebuah mobil nasional saat ini?
JK Bangga Penjualan Mobil Capai Satu Juta Unit per Tahun


Direktur Alat Transportasi Darat Kemenperin Soerjono mengatakan, mobil nasional harus memilikirkan beberapa faktor agar diminati masyarakat.


“Untuk saat ini yang memungkinkan adalah membuat mobil nasional dalam bentuk angkutan pedesaan. Alternatif yang kita cari yang tidak bisa dijangkau oleh Jepang, sehingga kita menawarkan hal yang berbeda kepada masyarakat,” ungkapnya kepada Viva.co.id, Selasa 27 Oktober 2015.


Soerjono menambahkan, peran industri dalam negeri harus diperbesar terlebih dahulu. Karena sebuah pabrik mobil sangat berpengaruh pada industri komponen yang didukung oleh industri material yang kuat.


“Peran domestik harus diperbesar untuk industri komponen. Kita harus bisa memberikan harga yang lebih murah, salah satunya dengan kos yang lebih kecil dibandingkan mobil Jepang. Sehingga memiliki daya tarik,” katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya