Kijang Innova Gendong Mesin Baru, Bagaimana Perawatannya?

Toyota kijang dari generasi ke generasi
Sumber :
  • VIVA.co.id/Purna Karyanto

VIVA.co.id - All New Kijang Innova telah resmi mengaspal di Tanah Air sejak 23 November 2015 lalu. Meski tampil lebih mewah dan banyak perubahan dilakukan termasuk mesin baru, tapi sempat beredar kabar butuh perawatan khusus.

V-Belt Motor Matik Putus Sebenarnya Bisa Diantisipasi

Seperti diketahui sebelumnya, varian diesel All New Kijang Innova menggunakan mesin baru dari generasi 2GD FTV, 2.393 cc, 4 silinder, in-liner, 16 valve, DOHC, dan dibenamkan teknologi VNT (Variable Nozzle Turbo) Intercoller. Alhasil, mobil ini mampu memantik tenaga hingga 149 PS dan torsi 34,9 kgm.

Sementara untuk mesin bensin, disematkan mesin baru 1TR-FE Dual VVT-i berkapasitas 1.998 cc yang sanggup menghasilkan tenaga hingga 139 ps dan torsi 18.7 kgm.

"Tidak ada, sama saja. Walau menggunakan teknologi baru menurut saya rata-rata sama saja. Sekalipun mobil Prius yang modelnya merupakan mobil hybrid, bukan seperti mobil biasa (mesin konvesional). Tapi untuk perawatan sama saja,” kata Tehnical Service Division PT TAM, Iwan Abdurahman, Rabu 9 Desember 2015.

Kata Iwan, sama seperti mobil pada umumnya, setiap mobil harus melakukan perawatan berkala dan pengecekan rutin seperti yang dianjurkan pada panduan buku manual. Mulai dari ganti oli hingga ganti saringan udara.

Sementara untuk versi diesel tentu saja karena menggunakan common rail, ada beberapa pengecekan dan penggantian yang harus dilakukan yakni, filter solar. Terlebih saat ini banyak solar yang telah dicampur dengan air.

"Di tipe G Kijang Innova baru, di layar instrumen nanti ada lampu atau gambar kedap-kedip dekat dengan gambar fuel meter seperti filter solar yang berfungsi memberi informasi jika air sudah banyak,” jelas Iwan.

Lebih lanjut Iwan menuturkan, jika air yang berasal dari solar sudah banyak, cara untuk menghilangkannya cukup mudah, yakni hanya membuka keran pembuangan yang memang sudah disediakan.

Iwan juga menyatakan, untuk membuang air dari solar, tidak ada aturan atau hitungan secara detail baik sudah menembus jarak 100 ribu km atau hanya 20 ribu km. (ase)

Ini Harga Bumper Tanduk pada Mobil, Mulai Rp350 Ribu
Bengkel sepeda motor. Foto ilustrasi

Rem Motor Anda Keras, Ini Penyebabnya

Sangat berpengaruh terhadap kenyamanan berkendara.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016