Mercedes-Benz Siap Garap Pasar Mobil Listrik Murah

Mercedes-Benz. Ilustrasi.
Sumber :
  • Car Magazine.

VIVA.co.id - Pabrikan mobil mewah Mercedes-Benz sedianya akan meluncurkan produk-produk dengan teknologi paling anyar ke jagat otomotif. Mobil-mobil tersebut di antaranya akan datang dari model listrik.

Dilansir Car Magazine, Senin 4 Januari 2015, Mercedes belakangan memang berkomitmen untuk masuk ke pasar kendaraan listrik, sama seperti para kompetitornya, Audi dan BMW. Rencananya, pabrikan asal Jerman itu tengah menyiapkan empat model, dan akan diluncurkan satu persatu. Paling cepat, satu model akan diluncurkan pada 2018 mendatang.

Dilaporkan, Mercedes-Benz mengembangkan kendaraan-kendaraan listrik dengan platform terbaru, yakni EVA (Electric Vehicle Architecture). Kendaraan-kendaraan ini dikabarkan akan berbagi platform dan dikembangkan secara khusus. Platform EVA tidak sepenuhnya asli, meskipun beberapa unsur dari platform tersebut telah digunakan sebelumnya, seperti suspensi dan cangkang.

Menurut laporan itu, mobil listrik pertama direncanakan akan mengusung model crossover bertubuh bongsor. Meski saat ini, Mercedes-Benz telah memprioritaskan dua kendaraan mid-size. Nantinya, mobil listrik pertama Mercedes-Benz akan ditempatkan di antara model GLC dan GLE.

Laporan menyebutkan, peluncuran ini lebih cepat satu tahun dari perencanaan awal. Disebutkan, mobil listrik pertama Mercedes-Benz bakal lebih besar daripada Mercedes C-Class tetapi lebih kecil dari Mercedes E-Class.

Pada tahap kedua, mobil listrik Mercedes-Benz akan berwujud sedan model S-Class. Selain itu, akan ada crossover lebih besar dari model Mercedes GLS.

Mobil-mobil listrik Mercy, nantinya akan dibekali baterai monolitik. Baterai yang digunakan kabarnya memiliki berat sekira 400 kilogram.

Untuk model penggerak roda belakang akan menggunakan motor listrik 300 kW, dan model penggerak empat roda akan memiliki motor listrik tambahan 90 - 150 kW di bagian depan. Sementara bagian belakangnya sama, yakni terjejal motor listrik 300 kW.

Produksi nantinya akan menggunakan fasilitas pabrik di Bremen, Jerman. Perusahaan itu berencana untuk menjual sedikitnya 20 ribu unit mobil listrik setiap tahunnya.

Mercedes-Benz Terima Tukar Tambah Merek Apa Saja

Selain itu, Mercedes-Benz ke depan juga akan menggarap pasar mobil listrik murah yang bakal dibuat di Tiongkok dan akan mulai dijual pada 2020 mendatang.

All New Mercedes-Benz E-Class.

Mobil Ini Diklaim Bisa Bikin Pengemudi Bebas Stres

Mercedes-Benz E-Class terbaru disematkan banyak fitur canggih.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016