Mobil-mobil yang Terancam dengan Kehadiran Ertiga Dreza

Ertiga Dreza
Sumber :
  • Dok: Suzuki

VIVA.co.id - New Ertiga Dreza resmi diluncurkan, berbagai ubahanpun terjadi pada eksterior dan interior serta fitur yang dijejalkan. Alhasil semua itu membuat Dreza dibanderol lebih mahal di atas Rp200 jutaan.

Sontak saja dengan tambahan nama belakang Dreza yang diklaim merupakan varian tertinggi dari Ertiga, mobil yang masih dalam kategori Low MPV (Multi Purpose Vehicle) akan berhadapan langsung dengan Toyota Veloz yang merupakan keluarga Avanza serta Honda Mobilio RS yang juga varian tertinggi dari Mobilio.

Menanggapi hal itu, Deputy 4W Managing Director PT SIS, Davy J Tuilan, menyatakan alasan Suzuki turut hadir di pasar mobil dengan harga di atas Rp200 juta di pasar nasional masih menggiurkan.

“Saya surprise, melihat tersebut (pasar besar). Setahu saya dulu ngumpul di harga 150 juta ke bawah. Sekarang kita anggap saja situasi normal market 1,2 juta setahun, hitunglah sebulan 100 ribu per bulan. Jadi 100 ribu kali 15 persen, maka pasar di atas harga Rp200 jutaan itu bisa 15 ribu,” kata Davy saat peluncuran New Ertiga Dreza di salah satu mall dikawasan Jakarta Selatan, Kamis malam 7 Januari 2016.

Masih menurut Davy, dari angka 15 ribu itu terbagi untuk model Low MPV sekitar 5.000 unit. Kendati bisa imej Low MPV saat ini bukan lagi harga mobil berbanderol murah, Davy pun mengaku bahwa Dreza tetap berada dalam keluarga Ertiga.

Kata Davy, jika tidak masuk dalam lini Ertiga, Dreza bisa mejadi berbeda filosofi, bukan lagi mobil keluarga. “Kalau misalnya kami jadikan New Ertiga Dreza jadi New Dreza, itu secara total merubah konsep, kalau selama bentuknya seperti itu ya Ertiga. Karena arti Ertiga itu yah ‘mengerti keluarga’,” jelas Davy.

Nah, berikut perbandingan harga Ertiga Dreza dengan para kompetitornya:

V-Belt Motor Matik Putus Sebenarnya Bisa Diantisipasi

Avanza Veloz
Grand New Avanza 1.3 Veloz M/T Rp204,2 juta
Grand New Avanza 1.3 Veloz A/T Rp216 juta
Grand New Avanza 1.5 Veloz M/T Rp215,1 juta
Grand New Avanza 1.5 Veloz A/T Rp226,9 juta
 
Mobilio RS
Honda Mobilu RS M/T Rp224 juta
Honda Mobilio RS CVT Rp234,5 juta
Honda Mobilio RS CVT Limited Edition Rp233 juta

Ertiga Dreza
New Ertiga Dreza MT Rp216,9 juta
New Ertiga Dreza AT Rp229,5 juta
New Ertiga Dreza GS MT Rp223,9 juta
New Ertiga Dreza GS AT Rp236,5 juta

Spin Active
Spin Active 1.5 LTZ AT Rp211,9 juta

Bengkel sepeda motor. Foto ilustrasi

Rem Motor Anda Keras, Ini Penyebabnya

Sangat berpengaruh terhadap kenyamanan berkendara.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016