Sepak Terjang Bos Baru Nissan Indonesia di Asia

Presiden Direktur baru PT Nissan Motor Indonesia, Antonio Zara.
Sumber :
  • Campiauto.org

VIVA.co.id – PT Nissan Motor Indonesia (NMI) secara resmi mengumumkan pergantian jabatan Presiden Direktur mereka pada hari ini, Selasa 22 Maret 2016.

Nissan Punya Kabar Baru Lagi untuk Konsumennya di RI

Jabatan yang tadinya dipegang Steve Ardianto akan diserahkan pada pria asal Filipina, Antonio Zara, pada akhir Maret 2016 mendatang.

Zara sebelumnya menjabat sebagai Presiden Direktur Nissan Phillipines Inc (NPI). Jabatan ini ia pangku sejak Agustus 2014 silam. Selama memegang NPI, Zara berhasil menaikkan penjualan Nissan sebanyak 60 persen di negara tersebut.

Beli Nissan Livina Baru Diskonnya Sampai Rp35 Juta, Servisnya Gimana?

Dengan memegang NMI, secara otomatis beban yang harus ditanggung Zara menjadi lebih berat. Hal itu, karena jumlah penjualan produk Nissan di Indonesia jauh lebih besar dibanding di Filipina.

Berdasarkan data yang dilansir dari Autoindustriya, penjualan NPI sepanjang 2015 mencapai 11 ribuan unit.

Nissan Jadi Merek Mobil Terlaris Nomor 2 di Indonesia

Sementara itu, dari data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), NMI selama 2015 berhasil menjual sebanyak 25 ribuan unit.

Jika dilihat dari peringkat, selama 2015, Nissan di Indonesia dan Filipina sama-sama menempati posisi ke tujuh. Namun, harus diingat, penjualan kendaraan secara total di Filipina hanya mencapai 300 ribuan unit (2015), sedangkan di Indonesia menembus angka satu juta unit.

Sebelum bergabung ke Nissan, Zara menduduki posisi sebagai Managing Director of International Sales General Motors (GM) Korea Selatan. Ia juga pernah menjabat sebagai Vice President of Sales, Marketing and After-sales General Motors Asia Tenggara.

Pria yang mengawali karir bersama Toyota Filipina ini juga tidak asing dengan Indonesia. Sebab, ia pernah menduduki posisi sebagai Service and Marketing di PT General Motors Indonesia. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya