Kenapa Letak Ban Serep Berbeda-beda? Ini Jawabannya

Ban serep di pintu belakang mobil.
Sumber :
  • Dok: Ford

VIVA.co.id – Keberadaan ban serep atau ban cadangan tentu sangat dibutuhkan saat mobil Anda mengalami bocor atau kempes. Nah menariknya, beberapa produsen mobil meletakkan ban serep tersebut di posisi yang berbeda-beda tergantung modelnya.

Libur Nataru, Ngebut di Jalan Tol ini Siap-siap Ditilang

Ban serep ada yang diletakkan di belakang, bawah, samping atau bahkan di atas atap mobil. Lantas apa pertimbangan pabrikan membedakan posisi peletakan ban serep mobil itu?

Service Manager Workshop Department Technical Service Division PT Toyota Astra Motor (TAM), Iwan Abdurrahman angkat bicara terkait hal tersebut. Iwan mengatakan penempatan ban serep pada mobil dengan posisi berbeda untuk mempercantik tampilan pada kendaraan saja.

Banyak yang Sepelekan Cara Ganti Ban Mobil

"Dipasang di pintu belakang tujuan penampilan jadi lebih gagah untuk sebuah mobil SUV.  Secara umum penempatannya karena fungsi dan desain saja," kata Iwan kepada VIVA.co.id.

Benda Ini Sering Dilupakan oleh Pemilik Mobil, Padahal Penting

Dia mengatakan, tak ada posisi mana yang dinilai lebih aman untuk menempatkan ban cadangan mobil. Kata dia, selama ban cadangan terpasang kuat maka hal itu dipastikan tak mengganggu keamanan pada mobil.

"Sebenarnya aman-aman saja, ditempatkan di bawah agar belakang nyaman buat jok baris ke tiga. Kalau di bawahnya ada ban serep pasti lantainya naik. Enggak masalah asal ban serep dipegang kuat oleh ikatannya," ungkapnya.

Iwan menambahkan, selain sebagai cadangan, ban serep juga berfungsi sebagai penahan benturan dari kendaraan lain. "Bisa jadi bonus kalau ditaruh di belakang karena bisa jadi bemper. Tapi intinya agar mobil lebih gagah saja," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya