Toyota Tarik Lagi 2,9 Juta Mobil, Airbag Masalahnya

Logo Toyota
Sumber :
  • Google

VIVA.co.id - Pabrikan mobil raksasa asal Jepang, Toyota, mengumumkan akan menarik kembali kendaraannya secara global dalam kampanye recall (penarikan massal) terhadap 2,9 juta unit mobilnya. Recall terkait dengan inflator kantung udara (airbag) besutan Takata.

Agar Tetap Selamat Pemilik Mercedes-Benz di RI Segera ke Bengkel

Mobil yang terkena dampak kampanye recall yakni sedan Corolla Axio dan Crossover RAV4 yang tersebar di banyak negara, di antaranya Jepang, China, dan sejumlah negara lainnya.

Masalah yang terdapat pada inflator milik Takata, karena memiliki kecacatan dan dapat mengembang terlalu kuat hingga berisiko mencelakai penumpang. Efeknya serpihan pecahan inflator dapat terpental dan mengenai pengemudi. Demikian dilansir Autoblog, Senin, 4 April 2017.

Honda Pajang HR-V Baru, dan Avanza Rush Kena Recall

Setidaknya sudah ada 16 kasus kematian yang dikaitkan dengan meledaknya inflator airbag Takata saat mobil mengalami kecelakaan. Kasus itu paling banyak terjadi di Amerika Serikat.

Menurut otoritas transportasi global, inflator Takata mengandung senyawa bahan kimia amonium nitrat yang membuat tak aman jika digunakan tanpa proses pengeringan maksimal. Maka itu, para produsen mobil yang menggunakan inflator dari Takata diminta untuk menarik mobil-mobilnya. Jumlahnya sangat besar, ada 100 juta mobil yang ditarik akibat kasus itu.

Toyota Recall 10 Mobil di Indonesia, Ada Avanza dan Rush

Takata sendiri saat ini sedang mencari sponsor keuangan agar dapat mengatasi pembayaran biaya terkait dengan kampanye penarikan massal. Bulan lalu, mereka mengaku bersalah atas tuduhan kejahatan di Amerika Serikat sebagai bagian dari penyelesaian US$1 miliar selama kasus kerusakan inflator.

Belum diketahui apakah Corolla di Indonesia juga termasuk di dalam 2,9 juta unit yang terkena recall. Mengingat PT Toyota Astra Motor juga masih memasarkan Toyota Corolla model Altis. Hingga berita ini dibuat, VIVA.co.id masih coba menghubungi pihak Toyota Astra Motor. (ase)

Toyota GR Yaris.

Toyota Terpaksa Recall 18 Ribu Lebih Mobilnya, Termasuk GR Yaris

Toyota terpaksa menarik kembali atau recall atas 18.490 unit model kendaraannya di Australia karena bermasalah dan berisiko kecelakaan.

img_title
VIVA.co.id
4 Maret 2022