Kenali Fitur dan Teknologi Tersembunyi Mitsubishi Xpander

Mitsubishi Xpander.
Sumber :
  • Agam

VIVA – Mitsubishi Xpander yang diluncurkan PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia pada Gaikindo Indonesia International Auto Show/GIIAS 2017, menawarkan enam varian yang dibanderol mulai dari Rp189,05 juta sampai Rp245,35 juta.

Libur Nataru, Ngebut di Jalan Tol ini Siap-siap Ditilang

Menariknya, dari jumlah pemesanan yang sudah tercatat hingga 40 ribuan unit peminat paling banyak Xpander adalah tipe Sport dan Ultimate. Selain itu, banyak juga fitur-fitur yang harusnya ada di mobil kelas premium, namun sudah disematkan pada Xpander varian tertinggi. Dan, ini mungkin yang menjadi daya tarik lebih.

Seperti diketahui untuk sistem keselamatan, Xpander sudah dibekali dengan rangka body RISE (Reinforced Impact Safety Evolution) yang dapat meredam benturan. Untuk varian tertinggi Ultimate dan Sport, pengeremannya sudah anti-lock braking system (ABS) untuk mencegah penguncian rem secara mendadak.

Mobil Baru Calon Pembunuh Avanza Punya Mesin Lebih Bertenaga

Selain itu, kedua varian tertinggi ini juga ditanam fitur hill start assist (HSC) yang sama seperti mobil Sport Utility Vehicle (SUV). Sehingga, saat di jalan tanjakan curam, HSC dapat mencegah mobil mundur atau menabrak mobil di belakangnya ketika macet.

Lagi fitur yang hanya dimiliki mobil-mobil sedan atau kelas premium lainnya terdapat di Xpander yakni, active stability control (ASC). Fitur ini dapat membantu pengemudi untuk mengoreksi pengendalian, agar mengurangi terjadinya understeer atau oversteer.

Harga Avanza Baru dan Xpander Sebelum Diskon PPnBM Berakhir

Fitur-fitur tersembunyi?

Bukan hanya itu, MPV tujuh penumpang ini juga sudah dibekali emergency stop signal (ESS), maka jika pengemudi sedang berjalan hingga 55 kilometer/jam namun tiba-tiba melakukan pengereman mendadak, sistem ABS akan bekerja dan secara otomatis lampu hazard akan menyala. Tetapi, jika pengereman tidak mengejutkan, fitur ESS ini tidak akan berfungsi.

Ternyata bukan hanya itu kelebihan Xpander. Sebab, masih ada beberapa fitur-fitur tersembunyi yang mungkin kebanyakan orang tidak tahu, dan beberapa teknologinya ada yang mengadopsi dari salah satu mobil yang sekarang mereknya tergabung dalam aliansi, Nissan.

Salah satu pengguna Xpander, Mahreza Sofano menyebut bahwa setelah mesin dimatikan dan kelistrikan sudah mati total, atau setop kontak mati, ternyata kaca Xpander masih bisa dibuka tutup selama kurang lebih 30 detik. Nah, jika Anda ingat fitur ini sama dengan Nissan Grand Livina lansiran 2015-2016.

Hal tersebut dibenarkan Irwansyah, Technical Service Dept PT MMKSI. Kata dia, tombol power window masih bisa dioperasikan selama 30 detik. Selain itu, smart system etacs pintu akan secara otomatis mengunci sendiri, jika kendaraan ditinggalkan selama 30 detik. Maka jangan sekali-kali meninggalkan kunci di dalam kabin, karena repot urusannya jika tidak bawa kunci serep.

Yang tak kalah menarik adalah, fitur welcome dan coming home light di varian Ultimate dan Sport, di mana lampu dapat menyala sebelum masuk dalam kabin.

"Berfungsi ketika remote maupun door button unlock ditekan. Selama 30 detik, defaultnya lampu kecil depan belakang nyala, tetapi bisa diadjust (dengan catatan belum buka pintu)," ujar Irwansyah kepada VIVA, Jumat 15 Desember 2017.

Selain itu, fitur yang tak kalah menarik adalah mengganti suara lampu sein caranya hanya menekan tombol info di MID masuk ke pengaturan yang hanya bisa diakses saat kendaraan posisi P dan rem parkir aktif. Jika sudah begitu, tinggal scroll sampai ke halaman paling bawah kedua dan cari logo lampu sein, nanti ada pilihan satu dan dua.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya