Kenali Ciri-ciri Dinamo Starter Mobil Rusak

Servis mobil
Sumber :
  • VIVAnews/Herdi Muhardi

VIVA – Hal yang paling menjengkelkan ketika mengemudi mobil transmisi matik adalah ketika tiba-tiba tidak bisa distarter. Berbeda dengan transmisi manual, meski tidak dapat distarter, masih bisa mendorong mobil tersebut untuk sekadar menyalakan mesin.

Mitsubishi Manjakan Konsumen Lewat Program September Service Ceria

Saat mobil tak bisa distarter, Anda pasti langsung berpikiran kalau pangkal masalah adalah aki yang drop. Padahal belum tentu karena masih ada komponen lain yang bisa menjadi penyebab utama mobil tak bisa distarter, yakni dinamo. Lalu seperti apa ciri-ciri dinamo starter rusak?

Reza, mekanik Putra Mandiri Teknik, bengkel khusus dinamo, di Asem Reges, Taman Sari, Jakarta Barat mengatakan, mengidentifikasinya bisa dilakukan dengan mendengar suara.

Ini Solusinya untuk Antisipasi Kaca Mobil yang Rawan Berjamur

“Kalau suaranya cek..cek..berarti switch dinamo. Kalau distarter panjang, berarti ada kelainan di aki atau mesin suaranya cet..cet..cet.. Jadi kalau sudah begitu bukan dinamo saja yang rusak, mesin juga berat,” ujarnya kepada VIVA, Rabu, 20 Desember 2017.

Reza melanjutkan, apabila mobil sama sekali tidak mau distarter seperti tak ada suara sama sekali, itu pertanda arang atau karbon dalaman dinamo sudah habis serta gulungan tembaganya sudah hangus.

Biaya Perawatan Suzuki Ertiga Hybrid Cuma Segini

“Kalau kena banjir itu biasanya macet dinamo starternya. Tapi kalau mesin sudah mati dan lama terendam banjir, yang rusak itu semuanya termasuk gulungan tembaga."

Layanan servis mobil Mitsubishi.

Program ‘September Service Ceria’ Mitsubishi, Apa Manfaatnya?

Dalam rangka memberikan kemudahan kepada konsumen dalam melakukan perawatan kendaraan, Mitsubishi menghadirkan program September Service Ceria.

img_title
VIVA.co.id
24 September 2022