Cara Mudah Tambah Akselerasi Motor Matik

Ruang CVT motor matic.
Sumber :
  • superpolish

VIVA.co.id - Banyak orang gemar mengendarai motor matik karena mudah dioperasikan. Cukup putar tuas gas, maka motor akan meluncur. Tidak perlu bingung memindah gigi transmisi dan menarik tuas kopling.

V-Belt Motor Matik Putus Sebenarnya Bisa Diantisipasi

Namun, beberapa orang mengeluhkan soal akselerasi motor yang kurang mumpuni, terutama saat dipakai berboncengan atau membawa beban berat.

Dilansir Welovehonda, Rabu 13 Januari 2016, ada cara mudah untuk menambah akselerasi motor matik, yakni dengan mengganti roller transmisi.

Motor Injeksi Mati Mendadak di Tengah Jalan, Ini Penyebabnya

Komponen ini letaknya ada di dalam rumah transmisi, tepatnya di pulley depan. Sekedar informasi, motor matik memiliki dua pulley dan satu drive belt. Pada motor biasa, pulley adalah gear motor, sementara drive belt diganti menjadi rantai.

Pulley motor matik bisa berubah diameternya. Ini dirancang agar transmisi bisa otomatis menyesuaikan akselerasi dengan kebutuhan. Jadi, ibarat gear yang bisa berubah-ubah ukurannya.

Ribuan Komunitas Motor Bakal Meriahkan Kontes Modifikasi

Untuk mengubah diameter, pulley butuh roller. Jika roller diganti dengan yang bobotnya lebih ringan, maka akselerasi akan lebih baik. Namun jika ingin kecepatan puncak yang bertambah, maka ganti roller dengan yang bobotnya lebih berat.

Perlu diingat, roller adalah salah satu komponen transmisi motor matik yang mudah rusak. Jika bentuknya sudah tidak bulat lagi, maka artinya roller perlu diganti dengan yang baru.

Bengkel sepeda motor. Foto ilustrasi

Rem Motor Anda Keras, Ini Penyebabnya

Sangat berpengaruh terhadap kenyamanan berkendara.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016