Dua Unsur Ini Pengaruhi Mahalnya Harga Motor

Pameran sepeda motor IMOS 2016.
Sumber :
  • API Event

VIVA – Pada 2016, dua produsen otomotif yaitu PT Astra Honda Motor dan Yamaha Indonesia Motor Manufacturing dituduh terlibat persekongkolan mengatur harga jual skuter matik berkapasitas 110-125cc di Indonesia. 

Gara-gara Bunyikan Klakson, Pemuda di Maros Tewas

Menurut Komisi Pengawas Persaingan Usaha, ongkos produksi skutik hanya sekitar Rp7,5-Rp8 juta. Namun dua pabrikan Jepang itu menjual motor tersebut melebihi biaya pembuatan yakni sekitar Rp15 juta per unit. 

Banyak pihak mempertanyakan yang menjadi dasar harga sebuah kendaraan roda dua di Tanah Air. Hal ini dijawab pengamat otomotif dari Institut Teknologi Bandung Yannes Martinus. 

Penjualan Sepeda Motor Honda Turun

"Jika mesin motor tersebut berkapasitas di atas 250cc, langsung kena PPnBM (Pajak Penjualan Atas Barang Mewah)," ujar Yannes kepada VIVA di Jakarta, Rabu 25 Juli 2018. 

Faktor kedua yaitu status dari sebuah kendaraan, apakah dibuat di Indonesia atau dikirim langsung secara utuh dari negara lain atau impor.

Pengendara Motor di Indonesia Hari Ini Diminta Waspada

"Berikutnya adalah status keberadaan motor tersebut, apakah ia produk baru yang dibuat di Indonesia atau impor. Kalau impor kena lagi PPnBM. Besarnya mulai dari 10 persen hingga 125 persen," kata dia.

Bocor ban motor.

Pemilik Motor Ini Bisa Bikin Tukang Tambal Ban Menangis

Semua cara sudah tersedia untuk menambal ban yang bocor, tapi ada salah satu pemilik motor yang punya metode lain saat menambal ban bocor, bikin nangis tukang tambal ban.

img_title
VIVA.co.id
3 Mei 2024