Belum Dijual di Indonesia, Matik Baru Suzuki Ini Dimodif Jadi 'Bajaj'

Suzuki Burgman Street 125
Sumber :
  • Top Gear

VIVA – Meski belum mendarat di Indonesia, skuter matik teranyar Suzuki, Burgman Street 125, sudah lebih dulu dipasarkan di India. Bahkan, di negeri Hindustan, peredaran motor bertubuh tambun itu sudah menyebar ke berbagai titik jalan.

Setengah Penjualan Suzuki Berasal dari Mobil Ini

Menariknya, bukan hanya versi standarnya saja yang mudah ditemui di India, melainkan ada juga Burgman Street yang telah dimodikasi secara ekstrem, hingga meninggalkan bentuk asli dari pabrikan.

Melansir laman Cartoq, Jumat, 31 Mei 2019, motor yang kabarnya menjadi pesaing Yamaha Lexi itu dirombak habis di bagian tengah hingga belakang.

Suzuki Nex II Edisi 2024 Mengaspal, Ini Perubahannya

Lihat saja, bagaimana dudukan yang dibuat melebar ke samping, dengan jumlah muatan hingga tiga orang, serta sepasang roda mungil yang menjadi tumpuan jok tambahan, membuat Burgman Street terlihat seperti kendaraan umum yang sering dijumpai di Jakarta, yakni Bajaj. Bedanya, motor modifikasi tersebut tidak memiliki atap penghalang.

Uniknya, Burgman roda tiga itu dikendarai langsung oleh Anggota Dewan Legislatif India, Waris Pathan, di jalan utama Mumbai. Padahal, belum lama ini Mahkamah Agung di negara tersebut baru saja meluncurkan aturan ketat terkait modifikasi kendaraan. 

Bukan Jakarta, Ini Kota Pertama yang Mulai Jadikan Suzuki Carry Sebagai Mobil Angkot

Terlebih lagi, tak satupun dari penumpang motor itu yang mengenakan pengaman kepala atau helm. Membuat, semuanya nampak menjadi keliru.

Suzuki Burgman Street 125 sudah meluncur di India, sejak tahun lalu. Berbekal mesin SOHC dengan kapasitas 124cc, membuat motor mampu menghasilkan tenaga 10,7 daya kuda, serta torsi maksimum 10 Newton meter. Di Negara Barata itu, motor dijual seharga 68 ribu Rupee, atau setara dengan Rp14 juta. (asp)

VIVA Otomotif: Peluncuran All New Astra Daihatsu Ayla 2023

Daftar Mobil Baru yang Cicilannya di Bawah Upah Minimum

Bagi yang memiliki anggaran terbatas, kini tersedia berbagai pilihan mobil baru dengan cicilan bulanan di bawah upah minimum provinsi DKI Jakarta yang angkanya Rp5 jutaan

img_title
VIVA.co.id
29 April 2024