Touring Motor di Masa Pandemi Boleh Saja, Perhatikan Hal-hal Ini

Honda PCX 150
Sumber :
  • Dok: AHM

VIVA – Salah satu kegiatan yang rutin dilakukan oleh komunitas sepeda motor, adalah touring ke luar kota. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk melepas penat, sembari menikmati semilir angin ketika berada di atas kendaraan.

Instruktur Safety Riding AHM Raih Prestasi Gemilang di Ajang Internasional

Beberapa bulan lalu, kegiatan naik motor bareng menuju tempat wisata ditiadakan akibat wabah COVID-19. Meski kini virus tersebut masih ada, namun penyebarannya di daerah menunjukkan angka penurunan.

Akses keluar-masuk wilayah juga sudah mulai ditiadakan, sehingga wisatawan dari luar kota bisa datang ke kota lain tanpa harus membawa dokumen kesehatan.

Cara Honda Bikin Pengguna Sepeda Motor Aman di Jalan

Meski demikian, Manager Safety Riding PT Astra Honda Motor, Yohannes Lucky menyatakan bahwa setiap pengendara yang ikut touring harus membiasakan diri dengan cara baru berkendara di masa new normal. Seperti mengenakan masker, dan memilih helm yang dibekali dengan visor.

“Cek tempat yang dituju, apakah masuk dalam zona merah atau tidak. Kemudian, pastikan tubuh dalam kondisi sehat. Kemudian, pilih rute yang tidak padat,” ujarnya saat konferensi pers virtual, dikutip VIVA Otomotif Jumat 7 Agustus 2020.

Totalitas AHM Mengikuti Kompetisi Safety Riding di Luar Negeri

Lucky juga mengingatkan pengendara, agar membawa perlengkapan riding milik sendiri dan tidak meminjam dari orang lain. Kebersihan perlengkapan seperti sarung tangan, sepatu dan alat pelindung juga harus diperhatikan.

Satu hal lagi yang wajib dikuasai, yakni waspada akan kehadiran pengendara pemula. Sebab, mereka bisa melakukan gerakan yang bisa mengakibatkan kecelakaan lalu lintas, terutama saat kaget berpapasan dengan rombongan touring.

“Jaga jarak dengan pengendara pemula, ciri-cirinya bisa terlihat dari gaya berkendara mereka. Jika punya interkom, bisa dimanfaatkan untuk memudahkan komunikasi antar peserta touring,” tuturnya.

Baca juga: SUV Bongsor Segera Hadir, Fortuner dan Pajero Perlu Waspada

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya