Motor Ikonik Terbaru Honda Resmi Dijual di Indonesia

Motor Honda Monkey edisi 2021.
Sumber :
  • Dok: AHM

VIVA – Beberapa tahun lalu, ada satu motor Honda yang sering dipajang di pameran yang digelar di Indonesia. Namun, kala itu statusnya belum untuk dijual ke umum.

Berhasil Naik Podium Lagi Berkat Motor Ducati, Marc Marquez Singgung Honda

Baru pada 2019, kendaraan beroda dua itu akhirnya resmi dipasarkan di Tanah Air. Motor yang dimaksud adalah Honda Monkey, yang memiliki desain mungil dan menjadi salah satu produk ikonik karena memiliki sejarah yang sangat panjang.

Honda Monkey pertama kali dijual secara global pada 1964, dengan nama resmi Z Series. Lalu pada 2017, produksinya harus disudahi karena mesin yang dipasang tidak lagi bisa menghasilkan emisi gas buang sesuai ketentuan negara maju.

Bicara Kasus yang Menyeret Sang Adik, Via Vallen: Berani Berbuat Harus Berani Bertanggung Jawab

Meski demikian, pada 2018 pabrikan berlogo sayap mengepak itu kembali menjual Honda Monkey namun dengan memakai platform dari model Honda Grom. Ubahan dilakukan pada desain, yang mempertahankan ciri khas Monkey.

Setelah dua tahun dipasarkan di dalam negeri, kini Honda Monkey mendapat penyegaran dari PT Astra Honda Motor sebagai agen pemegang merek. Kendaraan yang oleh mereka disebut mengusung konsep iconic-fun bike ini, diberi warna baru pada grafis, rangka dan juga velg.

Buntut Kasus Penggelapan Motor, Via Vallen Makin Bongkar Tabiat Buruk Sang Adik

“Penyegaran yang kami lakukan merupakan bentuk komitmen perusahaan, agar dapat terus bersama para penggemar sepeda motor legendaris yang ikonik ini,” ujar Direktur Pemasaran AHM, Thomas Wijaya melalui keterangan resmi, dikutip VIVA Otomotif Jumat 6 Agustus 2021.

Warna bukan satu-satunya ubahan yang mereka lakukan pada motor berdimensi panjang 1.710 milimeter, lebar 755 mm dan tinggi 1.029 mm ini. Thomas mengungkapkan, bahwa pihaknya menyempurnakan mesin satu silinder berkapasitas 125cc yang dipasang.

Motor Honda Monkey edisi 2021.

Photo :
  • VIVA Otomotif

Salah satu perbedaan dengan model lama, yakni angka kompresi mesin dinaikkan dari 9,3 berbanding 1 menjadi 10 berbanding 1, supaya pembakaran menjadi lebih efisien dan bersih.

Beragam teknologi terbaru masih tetap dipertahankan pada model ini, mulai dari sistem pengereman anti-lock braking system atau ABS yang berfungsi mencegah roda depan terkunci saat pengereman mendadak, hingga Inertial Measurement Unit atau IMU untuk mencegah ban belakang terangkat.

AHM menawarkan Honda Monkey edisi 2021 dengan harga Rp79 jutaan, sudah termasuk pajak dan bea balik nama alias on the road untuk wilayah DKI Jakarta.

Motor Honda Monkey edisi 2021.

Photo :
  • Dok: AHM
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya