Aspal Sirkuit Mandalika Lebih Bagus dari Sepang, Ini Komentar Pembalap

Balap World Superbike Mandalika
Balap World Superbike Mandalika
Sumber :
  • Twitter/@WorldSBK

VIVA – Sirkuit Mandalika akhirnya sukses menggelar ajang balapan kelas dunia yakni World Superbike, hanya saja karena di Lombok sedang musim hujan, sehingga guyuran air hujan sempat membuat beberapa race tertunda.

Hal tersebut juga menjadi tantangan tersendiri bagi para pembalap, apalagi saat race kedua WSBK yang sempat ditunda oleh Race Direction. Meski race dua akhirnya digelar, namun jarak tempuh yang dipangkas menjadi 12 lap. Pasalnya para pembalap tidak punya data, untuk menghadapi wet race di Sirkuit Mandalika.

Setelah mencoba balapan dengan lintasan yang basah, ternyata komentar-komentar para pembalap membuat terkejut. Seperti yang diungkapkan Van der Mark yang bilang jika trek luar biasa selama balapan basah.

"Meskipun beberapa titik nampak genangan air, tapi cengkeramannya sangat fenomenal. Ya, itu menunjukkan bahwa trek dapat menangani banyak air,” ucap Van der Mark dikutip dari Motorsport.

Pembalap lain yakni Jonathan Rea juga berkomentar dengan hal senada, padahal Jonathan sempat ragu ketika melihat foto Sirkuit Mandalika yang belum selesai, satu bulan sebelum seri terakhir WSBK digelar di Indonesia.

“Sejujurnya, ini adalah salah satu sirkuit yang paling mencengkeram di lintasan basah. Sirkuit paling memiliki grip di dunia. Hanya ada masalah drainase. Run off area cukup dalam, tapi kami bisa mengatasinya. Atau mungkin kami bisa menyesuaikan jadwalnya. Jika kami balapan jam 2 siang, kami tidak akan menghadapi kondisi ini.

Sirkuit Mandalika Hujan.

Sirkuit Mandalika Hujan.

Photo :
  • WSBK.