Detik-detik Bangkitnya Motor Andalan Tentara Sekutu

Motor BSA.
Motor BSA.
Sumber :
  • Ebay

VIVA – Banyak merek kendaraan yang menjadi terkenal karena dipakai untuk keperluan perang, misalnya Willys Overland dengan produk mobil jip legendaris serta motor sespan buatan BMW.

Ada juga merek motor asal Inggris, yang jadi andalan tentara sekutu saat menghadapi Perang Dunia 2, yakni Birmingham Small Arms atau biasa disingkat menjadi BSA.

Motor BSA juga sempat dipakai oleh Belanda dan tentara sekutu, ketika rakyat Indonesia berjuang untuk kemerdekaan. Puluhan tahun kemudian, kuda besi hasil rampasan dipakai sebagai becak motor di Pematangsiantar, Sumatera Utara.

Pada 1973 BSA harus ditutup karena terus mengalami kebangkrutan. Walaupun saat perang mendapat banyak pesanan, namun buruknya pengelolaan keuangan membuat perusahaan yang pernah membeli hak atas Triumph itu akhirnya gulung tikar.

Motor BSA.

Motor BSA.

Photo :
  • Midday

Perusahaan otomotif ternama dari India, Mahindra kemudian membeli hak atas BSA pada Oktober 2016 dengan membayar sebesar 3,4 juta Poundsterling atau setara Rp65 miliar.

Dilansir VIVA Otomotif dari laman Carandbike, Sabtu 4 Desember 2021, kembalinya BSA ke pasar otomotif dunia akan dimulai Minggu 5 Desember besok di pameran motor klasik yang digelar di Birmingham, Inggris.