Gak Lama Lagi Motor Piaggio akan Pakai Airbag

Piaggio Motoplex Jakarta
Sumber :
  • PID

VIVA – Piaggio Group sebagai salah satu produsen skuter dan motor sport, akan berkolaborasi dengan Autoliv, yang merupakan sebuah perusahaan yang berkecimpung dalam sistem keselamatan otomotif dunia. Untuk mengembangkan airbag pada kendaraan roda dua bertenaga.

Vespa World Days 2024 Pecahkan Rekor di Pontedera

Ide tersebut muncul karena popularitas kendaraan roda dua dengan tenaga yang besar terus meningkat, hal tersebut didorong oleh urbanisasi yang meluas dan kepadatan perkotaan, serta kepraktisan dan kemudahan penggunaan kendaraan roda dua yang bertenaga. 

Sehingga skuter dan sepeda motor kini harus dilengkapi dengan sistem keselamatan yang canggih, seperti ABS (Antilock Braking System) dan ASR (Anti-Slip Regulation). Nah, langkah selanjutnya agar pengendara aman yakni dengan penambahan airbag.

Vespa 140th of Piaggio: Edisi Terbatas Merayakan 140 Tahun

Airbag tersebut nantinya berguna untuk keselamatan pengendara yang lebih baik, kolaborasi ini ditandai dengan perjanjian pengembangan bersama yang ditandatangani oleh kedua pihak.

Ilustrasi airbag untuk sepeda motor

Photo :
  • Rideapart
Piaggio Sediakan Promo Servis Motor dan Suku Cadang selama Libur Lebaran

Tujuan dari kolaborasi ini adalah untuk mengembangkan airbag, agar dapat memberikan perlindungan yang lebih baik bagi pengendara kendaraan roda dua, dan meningkatkan kenyamanan berkendara. Nantinya airbag akan dipasangkan pada rangka kendaraan, dan akan mengembang dalam hitungan milidetik.

Menurut Mikael Bratt, CEO dan Presiden Autoliv, pihaknya berkomitmen pada visi perusahaan untuk menyelamatkan banyak orang, makanya perusahaan yang dipimpinnya memberikan solusi keselamatan jiwa kelas dunia.

"Oleh karena itu, kami mengembangkan produk yang secara khusus melindungi pengguna jalan yang rentan. Pengembangan produk ini merupakan bagian integral dari agenda keberlanjutan kami dan langkah penting menuju tujuan kami untuk menyelamatkan 100.000 jiwa per tahun pada tahun 2030," ujarnya, dikutip VIVA Otomotif Kamis 16 Desember 2021.
 
Autoliv telah mengembangkan konsep awal dengan alat simulasi canggih dan melakukan uji tabrakan skala penuh. Autoliv sekarang akan bekerja dengan Piaggio Group untuk mengembangkan produknya secara lebih lanjut dan potensi untuk mengkomersialkan konsep tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya