Motor Aston Martin Dikirim ke Konsumen, Harganya Bikin Kaget

Aston Martin AMB 001
Sumber :

VIVA – Aston Martin dan Brough Superior berhasil menciptakan AMB 001, sepeda motor edisi terbatas 100 unit ini mulai dikirim ke konsumen. Aston Martin AMB 001 adalah sepeda motor yang dirancang untuk lintasan balap, salah satu desain utama dari AMB 001 adalah sirip aluminium sepanjang tangki serat karbon, melewati bawah sadel dan keluar ke belakang.

Desain Lenovo ThinkStation P8 Terinspirasi Aston Martin

Motor ini terinspirasi dari supercar Aston Martin, dikawinkan dengan fitur desain Brough Superior klasik, seperti suspensi depan double-wishbone aluminium bermesin CNC. Menurut Thierry Henriette, Brough Superior President menjelaskan, Aston Martin dan Brough senang telah memenuhi target mereka dengan mampu mewujudkan AMB 001.

"AMB 001 adalah motor track original yang mampu membangkitkan indra dan menawarkan performa terbaik. Tenaga akan terasa sejak tarikan pertama," ucap Thierry.

Valvoline Jadi Pelumas Resmi Tim Balap Aston Martin

Sementara menurut Marek Reichman, Aston Martin Executive Vice President and Chief Creative Officer, mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh orang yang terlibat dalam pembuatan dan mewujudkan AMB 001.

Motor AMB 001

Photo :
  • Moto1pro
Keluhan Fernando Alonso Lihat Kalender F1 2024

"Terlepas dari semua tantangan yang kita hadapi. Sepeda motor spesial ini, sama seperti mobil kami. Ini merupakan hasil dari desain indah yang dipadukan dengan teknologi modern untuk menghasilkan sepeda motor yang akan dibanggakan oleh kolektor mana pun," ujar Marek.

Motor blasteran Inggris dan Perancis ini malah ditawarkan dengan tenaga yang lebih besar, dibandingkan saat diperkenalkan dalam bentuk konsep.

Seperti dikutip VIVA Otomotif dari Motorcyclenews, Minggu 3 April 2022, motor Aston Martin yang diperkenalkan pertama kali pada November 2019 dalam bentuk konsep, lalu kemudian dilakukan uji tes dan akhirnya mulai dikirim ke tangan konsumen.

Motor ini menggendong mesin konfigurasi V-Twin dengan kapasitas 997cc, yang dikawinkan dengan sasis All New Carbon Fibre monocoque.

Mesin tadi diklaim mampu menyemburkan tenaga maksimal 180 bhp dengan bobotnya yang mencapai 180 kg, selain itu soal desain motor Aston Martin ini memiliki tingkat aerodinamis yang sempurna sehingga mampu mendukung performa tinggi.

Jumlah 100 unit motor Aston Martin AMB 001 ini, diproduksi di pabrik milik Brough Superior, di Toulouse, Prancis Selatan. Dari 100 unit yang sudah diproduksi, sekitar 90 unit sudah terjual, dan sekitar 30 unit telah terjual di Jepang, Australia, Singapura dan Amerika Utara.

Nah bicara soal harga, motor ini disebut-sebut mencapai angka 98.000 Euro atau jika dikonversi ke Rupiah, maka nilainya setara dengan Rp1,5 miliaran, wow kaget kan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya