Pakai Motor Listrik Kini Enggak Ribet, 9 Detik Baterai Penuh Lagi

Motor Smoot model Tempur generasi kedua terbaru
Sumber :
  • VIVA Otomotif/Muhammad Thoifur

VIVA Otomotif – Perkembangan industri otomotif mulai pesat, seiring adanya inovasi baru yang dihadirkan oleh produsen. Banyak dari mereka yang mengembangkan kendaraan, salah satunya Smoot.

Intip Harga Motor Listrik Polytron, Segini Cicilannya

Perusahaan otomotif lokal ini menghadirkan motor listrik bernama Tempur, yang merupakan versi kedua. Kini, kuda besi tersebut diperkenalkan di pameran Periklindo Electric Vehicle Show atau PEVS 2022 di JIExpo Kemayoran, Jakarta.

Kendaraan ramah lingkungan ini mempunyai keunikan, yaitu terletak pada baterai yang tidak perlu dicas secara manual. Umumnya, motor penggerak listrik diisi oleh daya listrik sebagai sumber energi di rumah, namun model tersebut berbeda.

Mengenal Komponen ICCU yang Bikin Hyundai Recall Ioniq 5 dan Ioniq 6

Baterai Swap

Photo :
  • VIVA Otomotif/Muhammad Thoifur

Marketing Director PT Smoot Motor Indonesia, Karim Taruna mengatakan bahwa model barunya ini menggunakan sistem kerja menggunakan baterai yang bisa diisi ulang oleh penggunanya. Sistem tersebut bekerja sama dengan Swap Baterai yang menyediakan stasiun penukaran baterai.

Motor Listrik Honda Sudah Dijajal Ratusan Pengunjung PEVS 2024

“Kami dari Smoot Indonesia menyediakan motor listrik yang bisa dibilang tanpa charger. Jadi prosesnya menggunakan sistem baterai yang bisa ditukar di tempat pengisian. Tujuan untuk pengguna yang enggak takut pakai jarak jauh,” ujar Karim di lokasi, dikutip Sabtu 23 Juli 2022.

Diketahui dalam sistem ini perlu yang namanya tempat pengisian di beberapa titik. Karim memberitahu hasil kerja sama perusahaan, mereka berhasil mempunyai baterai station 450 titik di daerah Jabodetabek dan Bali yang berada di Alfamart, Shell dan Alfamidi.

“Jadi para pengguna motor tempur ini enggak perlu khawatir, karena kami menyediakan 450 titik tempat penukaran baterai dan hanya membutuhkan waktu sembilan detik untuk penukaran,” tambahnya.

Untuk cara penggantiannya juga terbilang mudah dengan mengunduh aplikasi SWAP, setelah itu mencari stasiun baterai terdekat. Jika sudah, jangan lupa untuk klik pemesanan, dan bayar kouta perjalanan yang memiliki beragam paket.

“Melalui aplikasi kami ini menawarkan paket baterai mulai dari Rp20 ribu itu dapat 100 km, untuk Rp45 ribu dengan jarak 250 km, dan Rp80 ribu menawarkan jarak 500 km,” jelas Karim.

Sebagai tambahan informasi, Smoot menambahkan untuk garansi baterai dari motor ini seumur hidup. Untuk harga satu unit dari motor Tempur generasi kedua ini dibanderol seharga Rp16 juta on the road Jakarta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya