Bikin KO Dua Pembalap MotoGP, Ini Masalah di Motor Marc Marquez

Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez.
Sumber :
  • AP Photo/Antonio Calanni

VIVA Otomotif – Kehadiran Marc Marquez (Repsol Honda) pada MotoGP Aragon yang diselenggarakan pada Minggu 18 September 2022, memang dinantikan para penggemarnya. Marc Marquez start dari posisi ke 13, membuat dirinya harus tampil agresif agar dapat memperbaiki posisinya.

Seperti Rossi, Marc Marquez Sadar Jika Pedro Acosta Berpeluang Juara Dunia

Namun sayang penampilan Marc Marquez antiklimaks, karena pembalap asal Spanyol ini gagal finish, setelah dirinya bersenggolan dengan Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha MotoGP) dan Takaaki Nakagami (LCR Honda Idemitsu).

Insiden pertama melibatkan Marc Marquez dengan Fabio Quartararo saat keluar Tikungan 3, ban depan Yamaha YZR-M1 yang dipakai Quartararo berada tepat di belakang Marquez, menyenggol ban belakang Honda RC213V.

Meyakini Kebangkitan Marc Marquez di MotoGP Spanyol 2024

 Akibatnya, Quartararo terjatuh cukup keras dan tidak mampu melanjutkan balapan. Marquez masih mampu melaju. Tetapi di Tikungan 8, ia kembali terlibat insiden, kali ini dengan Takaaki Nakagami yang mengakibatkan pembalap asal Jepang itu tak bisa melanjutkan balapan.

Marc Marquez saat balapan di MotoGP Aragon 2022

Photo :
  • AP Photo/Jose Breton
Video Marc Marquez Kecelakaan saat Pimpin Balapan hingga Gagal Finis di MotoGP Amerika 2024

Seperti dikutip dari Motorsport, Senin 19 September 2022, satu lap setelah bersenggolan dengan Nakagami, Marquez tak melanjutkan balapan. Penyebabnya masalah pada holeshot device dan fairing pada Honda RC213V. 

Marquez menjelaskan posisi karena bannya masih dingin, membuat bannya agak selip di tikungan ke 3, ketika itu Quartararo sangat dekat di belakang Marquez. Selain itu, Enea Bastianini (Gresini Racing) dan Aleix Espargaro (Aprilia Racing) posisinya sedikit di luar racing line.

Kemudian Marquez merasa Quartararo menyenggol, bagqqi Marquez itu kejadian wajar karena usaha pembalap yang tak ingin kehilangan gap. Insiden dengan Quartararo itu ternyata berbuntut panjang bagi Marquez. Saat keluar dari Tikungan 5, ia merasa ada yang aneh dengan motor. 

Setelah itu, Nakagami melewati Marquez dari sisi dalam Tikungan 7. Nakagami lalu agak melebar dan mengaktifkan rear ride height device. Pada saat yang sama, saya agak sedikit di depannya.

“Lalu, saya merasa ban belakang motor mengunci. Lalu saya lihat dari tayangan televisi, ada komponen yang lepas dari sisi kanan fairing. Saya tidak tahu apakah itu dari fender depan, sayap mini, atau dari motor Quartararo, bilang Marquez.

Kemudian Marquez merasa torsi motor tidak ada. Dari situlah Marquez berhenti, bukan karena insiden dengan Nakagami tetapi karena senggolan dengan Quartararo.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya