Para Pengguna Motor Royal Enfield Perlu Tahu Hal Penting Ini

Royal Enfield Classic 500 Tribute Black Limited Edition
Sumber :

VIVA Otomotif – Sepeda motor menjadi alat transportasi yang paling banyak dijadikan pilihan, oleh masyarakat Indonesia. Selain mudah digunakan untuk menembus kemacetan, harganya juga terjangkau dan bisa dicicil.

Suzuki Siap Jual Motor Listrik Murah dengan Desain Retro, Intip Bocorannya

Namun, kuda besi juga menjadi salah satu penyumbang tingginya angka kecelakaan lalu lintas. Selain akibat banyak pengguna yang melakukan pelanggaran, faktor lain yakni masih kurangnya keterampilan mengendalikan kendaraan bermotor roda dua tersebut.

Apalagi saat ini jenis dan model motor yang dipasarkan di Tanah Air semakin beragam, beberapa bahkan masuk ke dalam kategori motor gede atau moge dan memiliki bobot yang cukup berat sehingga membutuhkan keterampilan lebih.

Program Nasional K3 2024-2029 Diluncurkan, Menaker Ida Sebut Agar Maksimal Genjot Pembangunan

Hal itu sangat disadari oleh Presiden Royal Riders Indonesia, Adnan Maddanatja. Ia mengatakan, bahwa anggota komunitas tersebut adalah pengguna jalan umum, dan mereka merupakan pengguna motor yang bobotnya berat dan kapasitas mesinnya besar sehingga harus dibekali keterampilan dan wawasan keselamatan berkendara.

“Berkendara bukan sekadar melepas penat, jalani hobi dan healing. Dalam aktivitas tersebut, kita punya satu tanggung jawab moral untuk turut menciptakan keselamatan dan kenyamanan sesama pengguna jalan,” ujarnya melalui keterangan resmi, dikutip Selasa 31 Januari 2023.

Pak Prabowo, Jangan Lupa Janjinya Bikin Indonesia Produksi Mobil dan Motor Sendiri

Hal itu kemudian yang menjadi dasar bagi komunitas motor Royal Enfield tersebut, untuk menggelar acara Safety Riding Training akhir pekan kemarin di diler RE Cibubur, Jakarta Timur.

Acara diawali dengan pemaparan materi di dalam ruangan. Materi yang disampaikan mulai dari penjelasan pentingnya memiliki kepedulian terhadap keselamatan di jalan raya, dan beberapa knowledge lain seperti materi T-Clock.

Adnan menuturkan, motor Royal Enfield varian Classic 500 memiliki berat 187 kilogram. Bagi mereka yang baru naik kelas ke moge hal ini patut diperhatikan. Setelah melakukan kegiatan training keselamatan berkendara, diharapkan para anggota akan lebih terampil dan bijak saat berkendara.

Division Head Community Welfare RoRI, Didik mengungkapkan bahwa motor Royal Enfield siap melibas semua jenis permukaan dan elevasi jalan di Indonesia yang beragam. Namun, pengendara perlu memiliki keterampilan untuk mengendalikannya.

“Royal Enfield Classic 500 itu meski terlihat rigid, tapi cukup handal untuk dibawa ke gunung-gunung dan lembah,” ungkapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya