600 Ribu Motor Baru Disebar ke Seluruh Indonesia

Diler resmi motor Honda
Sumber :
  • VIVA Otomotif/Muhammad Thoifur

VIVA Otomotif – Sepeda motor menjadi salah satu alat transportasi, yang sangat digemari di Indonesia. Selain praktis dikendarai, kendaraan beroda dua ini juga efektif menembus kemacetan lalu lintas.

Apes, Karyawan Diler Bikin Ferrari F40 Seharga Rp51 Miliar Ringsek Parah

Karena ukurannya yang kecil, motor bisa melewati jalan kecil atau gang saat jalur utama mengalami antrean panjang. Kuda besi ini juga efektif untuk perjalanan jarak dekat, misalnya berbelanja ke pasar atau minimarket.

Sebelum adanya pandemi, angka penjualan motor di Tanah Air bisa mencapai lebih dari enam juta unit per tahun. Dari angka tersebut, model yang paling laku adalah skuter matik dengan pangsa pasar lebih dari 80 persen.

Suzuki Siap Jual Motor Listrik Murah dengan Desain Retro, Intip Bocorannya

Namun selama 2021 hingga 2022, angkanya hanya ada di kisaran lima juta unit saja dengan rata-rata per bulan 400 ribuan unit. Pada 2020 jumlahnya bahkan lebih parah, yakni total hanya 3,6 juta unit atau rata-rata 300 ribu unit per bulan.

Motor Suzuki Nex II di IMOS 2022

Photo :
  • VIVA Otomotif/Muhammad Thoifur
Chery Perluas Jaringan Diler di Kota Satelit Jakarta

Dikutip dari laman Asosiasi Industri Sepeda motor Indonesia, Senin 13 Februari 2023, pada awal tahun ini penjualan sepeda motor dari pabrik ke diler sudah jauh lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. Bahkan, angkanya telah menyamai saat sebelum pandemi.

Pada Januari kemarin, total ada 608.244 unit sepeda motor yang didistribusikan dari pabrik ke diler. Jumlah itu lebih tinggi 37 persen, jika dibandingkan dengan bulan yang sama tahun lalu. Sementara bila dikomparasi dengan Desember 2022, maka ada kenaikan sebesar 25 persen.

Dari jumlah itu, sebanyak 90 persen merupakan kuda besi yang mengusung desain motor matik. Lalu diikuti motor bebek dengan pangsa pasar 5,3 persen, dan sisanya motor sport.

Sementara itu, untuk ekspor sepeda motor di Januari tahun ini ada 39.269 unit yang dikapalkan ke berbagai negara. Angka itu lebih rendah 23 persen, jika dibandingkan dengan bulan yang sama di 2022.

Sebagai informasi, tahun lalu AISI mengatakan bahwa para produsen motor mengalami kelangkaan komponen semikonduktor, sehingga unit pesanan konsumen tidak bisa dikirim dengan segera. Namun, saat ini masalah tersebut sudah berhasil diatasi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya