Bengisnya 'Motor Siluman' Serba Hitam Pengawal Jokowi

Dua moge Yamaha pengawal Jokowi.
Sumber :
  • Youtube

VIVA.co.id - Semua pejabat tinggi di berbagai negara, selalu mendapatkan fasilitas pengawalan kelas wahid dalam perjalanan dinas mereka. Demikian juga halnya dengan Presiden Joko Widodo, yang selalu mendapatkan fasilitas Very-very Important Person (VVIP).

Namun, ada satu hal yang cukup menarik perhatian, saat iring-iringan melintas, terdapat dua sepeda motor kelir hitam dengan masing-masing pembesutnya yang berboncengan. Seragam para pembesut moge itu pun terlihat angker, serba hitam, mirip anggota Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror.

Berdasarkan pantauan VIVA.co.id, satu orang bertugas membawa sepeda motor tersebut, sedangkan seorang lainnya duduk tegap dengan senapan serbu di tangannya. Sepertinya, mereka sudah siap kapan pun melakukan pengamanan jika nyawa sang Presiden terancam.

Yamaha Sambut Positif Kehadiran Pertamax Turbo



Selain bertugas melakukan pengawalan, terkadang mereka juga membantu 'memecah' kepadatan lalu lintas. Pasukan bermotor ini selalu memastikan jika sang kepala negara mendapatkan jalan tanpa hambatan.

Bicara profil 'motor siluman' ini, ternyata kendaraan buas itu merupakan lansiran Yamaha, yakni FZ1 Fazer. Motor itu hadir dengan tampang binal, yakni naked, alias telanjang tanpa fairing.

Soal karakter, motor bergaya streetfighter ini dipilih untuk melakukan pengawalan Jokowi lantaran FZ1 diklaim memiliki tubuh yang ramping, sehingga memudahkan saat melintasi kota-kota besar di Indonesia, terlebih dengan tenaga besar dan perawatannya yang mudah.

Jokowi Beber 'Mantra' RI di Forum Ekonomi Islam Dunia

motor paspampres

Diansir Topspeed, 'motor siluman' ini dibekali mesin empat-tak berkapasitas 998cc DOHC Fuel Injection. Soal tenaga, motor ini mampu menghasilkan tenaga buas sebesar 150 daya kuda (dk) dan torsi 106 Newton Meter. Mesin ini, kemudian dikawinkan dengan sistem transmisi manual enam-percepatan.

Model ini diketahui masih menggunakan rantai penyalur tenaga dari mesin ke roda belakang dengan catatan konsumsi bahan bakar 6,72 liter per 100 kilometer.

Gambar Yamaha FZ1

Sepintas, FZ1 Fazer memang mirip dengan moge FZ8. Dua-duanya adalah naked bike yang mempunyai basis sama. Hanya saja, pada bagian desain kepala terlihat berbeda. Kapasitas mesinnya juga berbeda, FZ8 hanya dibekali empat-silinder, 779cc. Saat ini, FZ8 tak lagi diproduksi dan digantikan FZ09 bermesin tiga-silinder, 847cc.

Untuk pasar global, Yamaha FZ1 Fazer dibanderol dengan harga US$10.290, atau setara Rp136 jutaan (kurs Rp13.242 per dolar AS). (asp)

Jokowi: Jumlah Peserta Tax Amnesty Baru 344 Orang
Yamaha R25 versi ABS

Motor Yamaha Cocok Diisi Pertamax Turbo?

Yamaha masih melakukan pengkajian terhadap Pertamax Turbo.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016