Ini Kerugian Memakai Sistem Rem ABS pada Motor

Contoh rem depan motor yang dilengkapi ABS.
Sumber :
  • Bikesindia

VIVA.co.id - Fitur Anti-lock Braking System atau ABS pada kendaraan memang sangat membantu pengemudi untuk mengendalikan arah kendaraannya saat melakukan pengereman di jalan yang licin.

Mengenal Rem ABS, Masalah dan Solusinya

Dengan mengatur agar roda tidak terkunci, fitur ini bekerja dengan menggunakan sensor yang dipasang pada roda. Sensor akan mendeteksi apabila putaran roda terhenti saat kendaraan masih melaju.

Masukan dari sensor akan diolah oleh komputer, yang kemudian akan mengatur agar tekanan oli rem dikurangi, sehingga roda bisa kembali berputar. Semua langkah ini dilakukan dalam waktu hanya sepersekian detik saja, dan terjadi secara berulang-ulang.

Rem Motor Anda Keras, Ini Penyebabnya

Selain dapat mencegah roda tergelincir, ABS juga diciptakan untuk mengurangi jarak pengereman. Teorinya, dengan semakin berkurangnya traksi ban akibat tergelincir, maka jarak pengereman juga akan semakin jauh.

Namun, seperti yang dilansir dari Bikesindia, Kamis 18 Juni 2015, ternyata ada dua kerugian yang dialami pemilik sepeda motor yang dilengkapi ABS.

V-Belt Motor Matik Putus Sebenarnya Bisa Diantisipasi

Kerugian yang pertama adalah saat digunakan di jalanan berbatu atau tertutup oleh es, maka jarak pengereman bisa menjadi lebih panjang. Hal ini karena besarnya traksi ban pada kerikil atau es berbeda dengan aspal.

Menurut riset yang dilakukan badan keselamatan jalan raya Amerika Serikat, National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA), penambahan jarak pengereman fitur ABS pada jalur kerikil adalah sekitar 27 persen.

Kerugian yang kedua berkaitan dengan aksi freestyle yang biasa dilakukan di atas sepeda motor. Salah satu aksi freestyle yang terkenal adalah yang biasa disebut Stoppie, yakni mengerem secara mendadak sehingga roda dan bagian belakang motor terangkat.

Dengan hanya bertumpu pada roda depan, pengendara motor terkadang beraksi mengubah arah motor dengan cara memindahkan bobot kendaraan ke sisi kiri atau kanan.

Jika aksi ini dilakukan pada motor yang dilengkapi dengan rem ABS, maka roda depan akan terus berputar, sehingga ban belakang tidak bisa terangkat. Biasanya, fitur ABS pada motor dipasang di roda depan, karena posisi ini yang paling menentukan kestabilan motor.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya